Kata Sekjen Hasto soal Cagub dari PDIP untuk Pilkada DKI 2024

Pilkada juga akan digelar pada 2024

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, berbicara mengenai partainya dalam menyiapkan kader untuk bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Partai itu di dalam menyiapkan nama, tidak spesifik semata-mata bagi daerah tertentu," ujar Hasto, Selasa (23/8/2022).

Diketahui, hari pemungutan suara Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung pada 14 Februari 2024. Sedangkan Pilkada pada November 2024.

Baca Juga: Gibran Pastikan Tak Maju di Pilgub DKI karena Pilkada Masih Lama

1. PDIP menyiapkan secara sistematik proses kaderisasi

Kata Sekjen Hasto soal Cagub dari PDIP untuk Pilkada DKI 2024Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto menerangkan, PDIP terus menyiapkan kaderisasi secara sistematik. Selain itu, kata dia, kepala daerah kader PDIP yang sudah terpilih juga diminta fokus membangun wilayahnya.

"Dan kaderisasi ini, sebagai contoh, saya bertemu dengan beberapa bupati, wali kota. Ya ini kan juga bagian kita berdialog tentang bagaimana kita membangun daerahnya," ucap dia.

2. Masa jabatan Anies Baswedan sebagai gubernur DKI Jakarta berakhir Oktober 2022

Kata Sekjen Hasto soal Cagub dari PDIP untuk Pilkada DKI 2024Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya. (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Diketahui, masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada Oktober 2022. Anies menjabat sebagai orang nomor satu di Ibu Kota setelah menang Pilkada DKI Jakarta 2017.

Jabatan tersebut akan kosong hingga November 2024. Kursi Gubernur DKI Jakarta nantinya akan diisi seorang penjabat (Pj).

Baca Juga: Siapa Pengganti Tjahjo Kumolo? Puan: Pasti Bikin Kejutan

3. Siapa yang akan jadi Pj Gubernur DKI Jakarta?

Kata Sekjen Hasto soal Cagub dari PDIP untuk Pilkada DKI 2024Kasetpres, Heru Budi Hartono dalam Konferensi Pers Terkait Peringatan HUT ke-75 RI, Kantor Presiden, Kamis (6/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Nama Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, digadang-gadang menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang habis masa jabatannya tahun ini. Heru mengaku belum ada pembicaraan terkait hal itu kepadanya.

"Belum ada pembicaraan ke arah itu, dan masih banyak kandidat yang lebih banyak," ujar Heru kepada wartawan, Selasa (17/5/2022).

Heru mengaku belum kepikiran menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Dia mengawali karier sebagai PNS di Pemprov DKI Jakarta. Jabatan tertinggi Heru di lingkungan Pemprov DKI Jakarta sebagai pejabat eselon II.

"Ya memang saya berkarier lama di Pemda DKI," imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya