Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina Cilacap Sudah Terkendali

Meski bisa dikendalikan, api kini masih terlihat

Jakarta IDN Times - Kebakaran tangki kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah kini sudah bisa dikendalikan. Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengatakan, saat ini api terlihat sudah semakin kecil.

"Meski berhasil dikendalikan, kami tetap melakukan penyekatan di seputar tangki sekaligus melakukan pendinginan dengan fire truck dan hydrant agar api benar-benar padam,” ujar Ifki dalam keterangannya, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Tangki Kilang Minyak Pertamina di Cilacap Kebakaran

1. Kerahkan puluhan personel untuk padamkan api

Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina Cilacap Sudah TerkendaliKilang minyak Pertamina. (Dok. Pertamina)

Ifki mengatakan, Pertamina mengerahkan 50 personel dari tim bantuan keadaan darurat dan 30 personel pemadam dari internal. Selain itu, TNI-Polri juga turut dilibatkan untuk mengamankan lokasi sekitar kebakaran.

Menurutnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati langsung melakukan pemantauan melalui Pertamina Integrated Command Center (PICC) di Gedung Graha Pertamina Jakarta.

Dalam pantauan itu, kata Ifki, Nicke memastikan pasokan BBM untuk masyarakat berjalan lancar. Sehingga, masyarakat diminta tidak perlu khawatir.

Baca Juga: [BREAKING] Kebakaran di Kilang Minyak Cilacap Bersumber dari Tangki Pertalite

2. Masyarakat yang sempat mengungsi sudah kembali ke rumah

Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina Cilacap Sudah TerkendaliDirut PT Pertamina memantau langsung penanganan kebakaran tanki di kilang minyak Pertamina RU IV Cilacap, Sabtu (12/6/2021)

Ifki mengatakan, warga yang sebelumnya mengungsi di Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir Lomanis kini sudah kembali ke rumah. Dia meminta doa agar peristiwa ini dapat segera ditangani secara menyeluruh.

"Kami mohon support serta doa seluruh masyarakat Indonesia, agar insiden ini dapat segera kami tangani secara tuntas," katanya.

3. Tangki kilang minyak Pertamina di Cilacap kebakaran Sabtu kemarin

Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina Cilacap Sudah TerkendaliIlustrasi Kilang Minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, kebakaran terjadi di area kilang Cilacap pada Sabtu (13/11/2021), sekitar pukul 19.30 WIB.

Berdasarkan keterangan Pertamina yang diterima IDN Times, penyebab kebakaran belum diketahui hingga saat ini. Namun, tim pemadam kebakaran Pertamina tengah berupaya untuk melakukan pemadaman.

“Pararel, Pertamina saat ini juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian, untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman,” kata Ifki Sukarya selaku Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional.

Baca Juga: [BREAKING] Kebakaran Tangki di Kilang Cilacap, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya