Comscore Tracker

Kecelakaan Mudik Turun 45 Persen, Jokowi: Terima Kasih Masyarakat

Penumpang kendaraan umum turun Saat mudik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini memimpin rapat terbatas (ratas) terkait evaluasi mudik Lebaran 2022. Pertama, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada kementerian dan lembaga yang telah bekerja menyukseskan mudik Lebaran 2022.

"Pertama-tama pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada seluruh masyarakat yang telah melaksanakan mudik dengan tertib, mengikuti anjuran serta aturan pemerintah," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/5/2022).

1. Penumpang kendaraan umum turun dibanding dengan mudik Lebaran 2019

Kecelakaan Mudik Turun 45 Persen, Jokowi: Terima Kasih MasyarakatPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam ratas tersebut, Jokowi menerima data jumlah penumpang kendaraan umum turun dibanding mudik Lebaran 2019. Dia menjelaskan, pada mudik Lebaran 2022, jumlah penumpang kendaraan umum H-7 hingga H+7 Lebaran sebanyak 13 juta.

"Ini menurun dibanding tahun 2019 16,8 juta penumpang. Terjadi ini akibat semuanya beralih pada moda kendaraan pribadi. Sehingga jumlah kendaraan di jalan tol yang keluar Jabodetabek 2,6 juta," ujar eks Wali Kota Solo itu.

Baca Juga: Pemerintah Klaim Penangan Mudik 2022 Berhasil: Tercapai Memuaskan!

2. Jokowi bersyukur angka kecelakaan menurun

Kecelakaan Mudik Turun 45 Persen, Jokowi: Terima Kasih MasyarakatPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan, kendaraan dari Jabodetabek yang keluar menggunakan jalan non tol sebanyak 2,4 juta. Sehingga, jumlah pergerakan masyarakat yang mudik meninggalkan Jabodetabek ada 13,3 juta orang.

"Dari pergerakan tersebut di atas alhamdulillah kejadian kecelakaan menurun 45 persen dibanding 2019, yaitu dari 3.199 menjadi 1.763. Korban yang meninggal turun 72 persen, korban yang Luka berat turun 24 persen, korban yang luka ringan turun 42 persen," katanya.

3. Jokowi minta ada perluasan pelabuhan

Kecelakaan Mudik Turun 45 Persen, Jokowi: Terima Kasih MasyarakatPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Rabu (4/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta adanya perluasan pelabuhan. Hal itu dilakukan karena sempat terjadi antrean panjang di Pelabuhan Merak, Banten di periode mudik Lebaran 2022.

"Mengenai jalan non tol di jalur selatan ini coba dilihat lagi secara lebih detail, mengenai sarana dan prasarana, SPBU, penerangan, rest area, saya kira memang harus disiapkan untuk mudik tahun depan, saya kira ini sebuah alternatif yang bagus dan terakhir terus perbaiki berbagai fasilitas yang ada di bandara, di pelabuhan, di terminal, dan stasiun," ujarnya.

"Terutama untuk fasilitas rest area, kemudian penambahan kapasitas angkutan kereta api saat mudik, kemudian juga maksimalkan pelaksanaan mudik gratis. Saya rasa kalau ini dilakukan, tahun depan kita akan lebih baik lagi," imbuhnya.

Baca Juga: Angka Kecelakaan Saat Mudik 2022 Turun 40 Persen, Apa Sebabnya?

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya