Kemenag Beri Bantuan Rp233 Miliar untuk Pesantren, LPQ dan MDT

Untuk dapat bantuan terlebih dulu daftar ke laman ini

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) menganggarkan Rp233 miliar untuk membantu pesantren, Lembaga Pendidikan Al-Quran (LPQ), dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT). Anggaran itu dialokasikan untuk tahun 2021.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, program bantuan itu untuk memberikan fasilitas kepada pesantren, LPQ, dan MDT. Program ini mencakup aspek kelembagaan, sumber daya manusia, akademik, dan sarana.

“Jika empat aspek ini dipenuhi, tentunya akan berdampak pada kualitas pesantren dan pendidikan keagamaan Islam, baik LPQ maupun MDT,” ujar Menag dalam keterangannya, Rabu (25/8/2021).

Baca Juga: Kemenag Anggarkan Rp35,3 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa Hindu

1. Kemenag akui bantuan belum dapat menjangkau semua tempat

Kemenag Beri Bantuan Rp233 Miliar untuk Pesantren, LPQ dan MDTDirjen Pendis Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani. (youtube.com/Pendis Channel)

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengakui, bantuan anggaran itu belum dapat menjangkau semua pesantren, LPQ, dan MDT. Ali menjelaskan, saat ini Kemenag telah menyalurkan anggaran lebih dari Rp31 miliar.

Anggaran itu disalurkan lewat program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Dalam program ini, ada 1.200 mahasantri yang menjadi binaan Kemenag. Mereka kini tengah menempuh pendidikan di sejumlah perguruan tinggi.

Baca Juga: 11,6 Juta Mahasiswa dan Siswa di Bawah Kemenag Terdampak COVID-19

2. Santri yang hanya mengaji di pesantren juga dapat menerima bantuan

Kemenag Beri Bantuan Rp233 Miliar untuk Pesantren, LPQ dan MDTIlustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Fauzan

Lebih lanjut, Ali menjelaskan, Kemenag juga menganggarkan Rp356 miliar untuk program Indonesia pintar dan BOS.

“Ada pula program PIP dan BOS Pesantren untuk 349.411 santri yang hanya mengaji. Total bantuan sebesar Rp356 miliar lebih dan saat ini dalam proses penyaluran,” katanya.

3. Cara mendapatkan bantuan, daftar ke laman https//:ditpdpontren.kemenag.go.id/layanan

Kemenag Beri Bantuan Rp233 Miliar untuk Pesantren, LPQ dan MDTIDN Times/Galih Persiana

Direktur PD Pontren Waryono Abdul Gafur menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan itu pesantren, LPQ, dan MDT mengajukan sendiri bantuan tersebut. Pengajuan dibuka hingga 10 September 2021.

Pendaftaran bisa melalui laman https//:ditpdpontren.kemenag.go.id/layanan. Sementara itu, terkait petunjuk teknis penyaluran bantuan dapat diunduh di laman https//:ditpdpontren.kemenag.go.id/arsip/.

“Masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap beredarnya informasi hoaks dan penipuan yang mengatasnamakan pemberi bantuan. Penetapan dan penyaluran bantuan diinformasikan secara resmi melalui website dan media sosial Kemenag maupun Dit PD Pontren,” kata Waryono.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya