Kemenag Gandeng Maliq & D’Essentials di Acara Festival Zakat-Wakaf

Maliq & D’Essentials akan mengisi audio drama

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar acara Festival Literasi Zakat dan Wakaf. Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan indeks literasi zakat-wakaf.

"Dengan adanya program Festival Literasi Zakat-Wakaf, masyarakat
diharapkan mendapatkan informasi mengenai zakat dan wakaf yang lebih komprehensif. Sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat dan berwakaf," ujar Kamaruddin dalam acara peluncuran Festival Literasi Zakat-Wakaf secara virtual, Selasa (31/8/2021).

Tema dalam acara festival ini adalah "Zakat dan Wakaf Membangun Ekonomi Umat".

Baca Juga: Cek! Apa Kamu Sudah Penuhi Syarat Wajib Zakat Mal alias Zakat Harta?

1. Gandeng Maliq & D’Essentials

Kemenag Gandeng Maliq & D’Essentials di Acara Festival Zakat-WakafMALIQ & D’Essentials (dok. IDN Times)

Dalam kegiatan ini, Kemenag menggandeng grup musik Maliq & D’Essentials. Grup musik tersebut nantinya akan mengisi audio drama yang berisi tentang literasi zakat dan wakaf.

"Mengedukasi millennial melalui audio drama adalah cara tepat untuk meningkatkan literasi soal zakat dan wakaf," ujar Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Tarmizi Tohor.

Audio drama itu nantinya akan diputar di aplikasi podcast dan indigo. Tema dalam audio drama ini "berbagi separuhnya, kebahagiaan sepenuhnya".

Baca Juga: Bayar Zakat ke Baznas Kini Bisa Pakai Aplikasi Pospay, Mudah Banget!

2. Indeks literasi zakat masyarakat masuk dalam kategori sedang, wakaf rendah

Kemenag Gandeng Maliq & D’Essentials di Acara Festival Zakat-WakafIlustrasi Zakat. (IDN Times/Aditya Pratama)

Berdasarkan survei yang diselenggarakan Kemenag, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Badan Wakaf Indonesia (BWI), indeks literasi zakat dan wakaf pada 2020 masuk dalam kategori sedang dan rendah. Untuk literasi zakat berada di 66,78 dan wakaf skornya 50,48.

Festival literasi zakat-wakaf ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya digelar. Pertama diselenggarakan pada 2019 lalu.

3. Diharapkan dapat meningkatkan literasi zakat-wakaf

Kemenag Gandeng Maliq & D’Essentials di Acara Festival Zakat-WakafSeorang warga muslim melakukan tarnsaksi pembayaran zakat fitrah dan zakat mal secara daring dengan menggunakan aplikasi digital banking. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Kasubdit Edukasi, Inovasi, dan Kerja Sama Zakat dan Wakaf Kemenag, Wida Sukmawati mengatakan, ada berbagai acara dalam festival ini. Mulai dari audio drama, sejumlah webinar nasional festival literasi zakat-wakaf, dan ada acara expert talks festival zakat-wakaf dengan sejumlah narasumber.

Dia berharap, festival ini dapat meningkatkan literasi zakat-wakaf di masyarakat.

"Diharapkan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat dan berwakaf, meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antara Kemenag dan stakeholder zakat dan wakaf, dan meningkatkan kolaborasi dan sinergi program edukasi dan literasi zakat dan wakaf,” kata Wida.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya