Kemenag Gelar Kompetisi Robot Madrasah 2022, Ada Konsep Lingkungan

Total hadiah sebesar Rp240 juta

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Kompetisi Robotik Madrasah 2022. Pembukaan kompetisi itu digelar di Gedung Olah Raga Universitas Negeri Yogyakarta.

Grand Opening Madrasah Robotic Competition (MRC) VIII dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Agama, Muhammad Nuruzzaman. Kompetisi robotik ini digelar 22-23 November 2022 dengan tema "The Next Generation of Robots: Making Better Life".

“Sekarang madrasah menggelar kompetisi robotik, sebuah kompetisi dalam bidang sains yang amat membanggakan," kata Nuruzzaman.

Baca Juga: Ada Kompetisi Sains, Menag Sebut Anak-Anak Madrasah Jauh Berkembang

1. 180 Madrasah ikut dalam kompetisi

Kemenag Gelar Kompetisi Robot Madrasah 2022, Ada Konsep LingkunganKemenag menggelar Kompetisi Robotik Madrasah 2022 (dok. Kemenag)

Nuruzzaman menjelaskan, ada 180 madrasah se-Indonesia yang ikut dalam kompetisi ini. Mereka masing-masing membawa satu robot.

Para peserta dibagi ke dalam tiga jenjang, yakni Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Total jumlah peserta mencapai 360 orang.

"Mereka memperebutkan hadiah berupa medali, sertifikat, peralatan robotika, dan uang pembinaan berjumlah total Rp240 juta," ucap Nuruzzaman.

Baca Juga: Buka Kompetisi Sains, Menag: Murid Madrasah Makin Moncer, Saranghaeyo!

2. Kompetisi dibagi ke dalam tiga kategori

Kemenag Gelar Kompetisi Robot Madrasah 2022, Ada Konsep LingkunganKemenag menggelar Kompetisi Robotik Madrasah 2022 (dok. Kemenag)

Dalam kesempatan itu, Nuruzzaman menjelaskan ada tiga kategori yang dilombakan, yakni robot inovasi, robot battle, dan robot mobile. Tiga kategori itu juga dibagi ke dalam tiga sub tema, yaitu robot for school, robot for household, dan robot for environment.

Setiap tim yang bertanding terdiri dari dua siswa dan satu guru mentor atau pendamping. Para robot yang bertanding harus sepenuhnya mengandalkan teknologi otomatis, tidak boleh remote control, wifi, atau operasi manusia lainnya.

Selama lomba berjalan, mentor tidak diperbolehkan terlibat dalam perbaikan atau pemrograman robot.

Baca Juga: Madrasah Robotic Competition, Siswa Buat Robot Pencuci Gelas 

3. Kemenag harap kompetisi robot dapat melahirkan siswa madrasah yang mandiri dan inovatif

Kemenag Gelar Kompetisi Robot Madrasah 2022, Ada Konsep LingkunganKompetisi robotik Kemenag 2021 (Foto: Dok. Kemenag)

Direktur KSKK Madrasah, Moh Isom mengatakan, kompetisi robot madrasah dilandasi semangat bangsa Indonesia untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat dari pandemik COVID-19.

"Kami berharap kompetisi ini dapat melahirkan siswa siswi madrasah yang kreatif, mandiri, dan berprestasi dalam teknologi digital," ujar Isom.

Kompetisi Robotik Madrasah pertama kali digelar tahun 2015 di Jakarta. Kemudian secara berturut-turut digelar tiap tahun di Jakarta (2016), Tangerang (2017), Depok (2018), Surabaya (2019), dan Jakarta (2020).

Pada 2021, pelaksanaan kompetisi digelar secara hybrid, yakni online dan offline. Untuk kompetisi offline, digelar di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD Tangerang, Banten.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya