Kemenag Siapkan Peta Jalan Percepat Transformasi Digital Madrasah

Kemenag juga diminta tingkatkan kualifikasi guru

Jakarta, IDN Times - Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (Kemenag), M Zain, mengatakan pihaknya ingin mempercepat transformasi digital madrasah. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas siswa lulusan madrasah.

“Kami tengah mengkaji berbagai praktik, baik untuk dirumuskan menjadi peta jalan dan strategi kebijakan, dalam akselerasi transformasi digital dalam pengembangan madrasah sesuai perkembangan zaman,” ujar Zain saat Konferensi Internasional Akselerasi Transformasi Digital Madrasah, dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: 9 Madrasah Raih Juara Kompetisi Robotik 2022, Bawa Pulang Ratusan Juta

1. Kualitas guru juga harus memenuhi kualifikasi

Kemenag Siapkan Peta Jalan Percepat Transformasi Digital MadrasahMadrasah Award 2021 pada Jumat (10/12/2021) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Subandi, mengatakan apabila Kemenag ingin meningkatkan madrasah, harus dibarengi dengan kualitas guru yang juga memenuhi kualifikasi.

“Dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah, perlu mengalokasikan sumber daya secara proporsional kepada satuan pendidikan madrasah, sesuai dengan kontribusinya dalam layanan pendidikan,” kata dia.

Baca Juga: Keren! Siswa Madrasah Malang Ciptakan Robot Pengambil Sampah Organik

2. Kemenag harus memikirkan tata kelola madrasah yang baik

Kemenag Siapkan Peta Jalan Percepat Transformasi Digital MadrasahIlustrasi siswa madrasah diniyah. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Selain itu, Subandi mengatakan, Kemenag juga harus memikirkan tata kelola madrasah yang baik dalam konteks desentralisasi pendidikan. Menurutnya, itu perlu dilakukan untuk memanfaatkan sumber daya finansial, terutama yang tersedia di daerah.

Dengan perencanaan yang baik, menurut Subandi, kualitas madrasah akan otomatis meningkat. Hal itu juga berlaku untuk kualitas lulusan madrasah.

3. Madrasah harus siap menyambut digitalisasi

Kemenag Siapkan Peta Jalan Percepat Transformasi Digital MadrasahIlustrasi kegiatan belajar mengajar siswa SMA (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dalam acara itu, Ketua Project Management Unit Realizing Education Promise - Madrasah Education Quality Reform, Abdul Rouf, menambahkan kegiatan konferensi internasional digelar untuk menyusun peta jalan dan strategi kebijakan pengembangan serta penjaminan mutu madrasah.

“Madrasah harus bersiap diri untuk menyambut digitalisasi madrasah. Warga madrasah harus bisa menikmati kemajuan teknologi informasi dan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya untuk pembelajaran dan pendidikan,” ujar dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya