Comscore Tracker

Koalisi Golkar, PAN dan PPP Terbuka bagi Capres Nonparpol

Koalisi Indonesia Bersatu bisa usung kader dan nonkader

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu terbuka untuk mengusung calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) nonpartai politik. Koalisi Indonesia Bersatu ini terdiri dari Partai Golkar, PPP, dan PAN.

"Karena koalisi ini berangkat dari gagasan, visi dan misi yang sama untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Koalisi Indonesia Bersatu juga koalisi tanpa syarat untuk mendukung calon presiden atau calon wakil presiden dari partai koalisi," ujar Zainut dalam keterangannya, Kamis (19/5/2022).

Oleh karena itu, Koalisi Indonesia Bersatu terbuka untuk semua kalangan, baik itu untuk kader partai koalisi atau bukan. 

"Masih terbuka untuk dibicarakan bersama dalam memilih figur capres/cawapres yang tepat, memiliki elektabilitas tinggi dan yang pasti diterima oleh masyarakat, baik itu dari kalangan kader partai maupun nonpartai," ucapnya.

Baca Juga: Golkar, PAN dan PPP Siap Bangun Koalisi 'Bertiga Bersatu' Jelang 2024

1. Koalisi berbasis kesetaraan

Koalisi Golkar, PAN dan PPP Terbuka bagi Capres NonparpolWakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi (dok. Kemenag)

Wakil Menteri Agama ini mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu ini berbasis kesetaraan. Semua yang terlibat dalam koalisi ini bisa menjadi penentu strategi untuk memenangkan Pemilu 2024.

"Membangun sebuah koalisi yang kokoh, rasional dan bermartabat, bukan koalisi transaksional pragmatis yang hanya untuk kepentingan jangka pendek," katanya.

Lebih lanjut, Zainut mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu ingin membangun demokrasi yang sehat.

Baca Juga: Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu Diduga karena Arahan Istana

2. Usai bertemu Ridwan Kamil, koalisi Golkar, PAN dan PPP akan ke Jabar

Koalisi Golkar, PAN dan PPP Terbuka bagi Capres NonparpolPertemuan antara Golkar, PAN, dan PPP di Jakarta, Kamis (12/5/2022). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sebelumnya, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dikabarkan bakal bertemu kembali di Jawa Barat. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto saat bertemu dengan para Ketua DPP wilayah se-Indonesia.

Namun, Airlangga belum menginformasikan di mana ketiga parpol yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) itu akan bertemu.

“Tanggal 3 (Juni) nanti akan ada halal bi halal di Jawa Barat, yang akan mengundang ketiga partai tersebut di Jawa Barat,” kata Airlangga di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/5/2022).

3. Pertemuan DPD Golkar di Jawa Barat

Koalisi Golkar, PAN dan PPP Terbuka bagi Capres NonparpolANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Saat ditanya kembali terkait rencana pertemuan koalisi di Jawa Barat, Airlangga enggan menanggapi. Dia hanya menyebut bahwa pertemuan itu dilakukan bersama DPD Golkar Jawa Barat.

“Akan ada pertemuan dengan DPD Golkar di Jawa Barat,” ujarnya singkat.

Airlangga Hartarto diketahui baru saja bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Minggu, 12 Mei lalu. Pertemuan dua tokoh ini disinyalir menjadi sinyal dalam Pemilu 2024.

Ridwan Kamil usai pertemuan itu bahkan mengklaim, warga Jawa Barat menerima kemunculan KIB.

"Kan ada berita koalisi tuh, di bawah bagus responsnya, saya laporkan ke Pak Airlangga. Koalisi ini responsnya positif memberikan harapan," kata Ridwan Kamil.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya