Comscore Tracker

Komunikasi NasDem, PKS, Demokrat Meningkat di Nikahan Putri Anies

Belum ada kesepakatan antara NasDem dengan parpol lain

Jakarta, IDN Times - Sejumlah elite partai politik hadir dalam pernikahan putri sulung Anies Baswedan di Ancol, Jakarta Timur pekan kemarin. Salah satunya Ketua Umum NasDem, Surya Paloh dan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono bertemu dalam acara pernikahan tersebut.

Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali mengaku komunikasi NasDem dengan partai politik lain lebih maju dalam pertemuan itu.

"Kami juga mengakui, hari itu agak lebih maju berkomunikasinya, adalah PKS, Demokrat yang agak intens berkomunikasi," ujar Ali di Kantor KPU, Jakarta, Senin (1/8/2022).

Meski demikian, Ali menegaskan belum ada kesepakatan antara NasDem dan partai lain terkait koalisi pemilu 2024. Dalam kesempatan itu, Ali mengakui NasDem tak bisa mengusung calon presidennya sendiri, perlu ada partai lain agar bisa menempuh presidential threshold 20 persen.

"Karena NasDem di Pemilu 2024 nanti tidak bisa mengusung sendiri, kami baru 10 persen lebih, undang-undang mensyaratkan 20 persen, mau tidak mau kita bekerja sama," ucap dia.

Lebih lanjut, Ali mengatakan, tiga nama bakal calon presiden NasDem seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa, nantinya akan disodorkan dengan partai koalisi. Bila partai koalisi setuju, salah satu nama tersebut akan menjadi calon presiden.

Dalam kesempatan itu, NasDem menegaskan tak ada masalah dengan PDI Perjuangan. Oleh karena itu, Ali menyebut tak ada persiapan khusus bila nantinya NasDem bertemu dengan PDI Perjuangan.

"Jadi, PDIP-NasDem ini gak ada masalah, kami partai sahabat, teman, antara Bu Mega dan Pak Surya juga adalah sahabat. Sesungguhnya tidak pernah ada masalah, kemudian dibuat seakan-akan ada masalah, gak ada," imbuhnya.

Baca Juga: Tanpa Surya Paloh, NasDem Daftar Pemilu 2024 ke KPU

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya