Comscore Tracker

Konflik Internal Partai Berkarya, Nasib Sekjen Ditentukan Jumat Sore

Ketum Berkarya tegaskan tak ada isu konflik

Jakarta IDN Times - Isu konflik internal muncul di Partai Berkarya. Sekjen Partai Berkarya, Andi Picunang menyebut dirinya dipecat.

Namun, Ketua Umum Partai Berkarya, Muchdi Purwoprandjono, membantah hal itu. Muchdi justru menyebut bahwa Andi mengundurkan diri.

Meski tengah berkonflik, Muchdi dan Andi tetap beriringan ketika mendaftarkan Partai Berkarya ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon peserta Pemilu 2024, Jumat (12/8/2022).

Usai pendaftaran, Muchdi juga menegaskan bahwa tak ada isu konflik internal di dalam partai tersebut.

"Saya kira gak ada isu-isu itu," ujar Muchdi.

Baca Juga: Daftar ke KPU, Berkarya Targetkan Raih 5 Persen Suara di Pemilu 2024

1. Alasan Andi ikut datang mendaftar Partai Berkarya

Konflik Internal Partai Berkarya, Nasib Sekjen Ditentukan Jumat SoreSekjen Partai Berkarya, Andi Picunang (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Andi menjelaskan alasannya tetap ikut mendaftarkan Partai Berkarya ke KPU. Menurutnya, kepentingan partai lebih utama.

Apalagi, kata dia, tanpa kehadiran dirinya, maka Partai Berkarya tidak akan bisa melanjutkan verifikasi pendaftaran partai.

"Kepentingan partai di atas segala-galanya. Jadi, kelompok-kelompok yang ada di Berkarya ini jauh hari sebelumnya saya mengimbau untuk bersatu demi kepentingan partai sehingga tanpa saya, Berkarya tidak akan bisa melanjutkan verifikasi. Oleh karena itu, selaku Sekjen saya hadir dan mendatangani form pendaftaran," kata dia.

Baca Juga: Anggaran Masih Mandek, Eks Ketua KPU: Jangan Buat KPU Mengemis!

2. Nasib Andi ditentukan Jumat sore

Konflik Internal Partai Berkarya, Nasib Sekjen Ditentukan Jumat SoreWakil Ketua Umum Partai Berkarya, Irmanjaya Taher (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Di lokasi yang sama, Wakil Ketua Umum Partai Berkarya, Irmanjaya Taher, mengatakan, nasib Andi sebagai Sekjen Partai Berkarya akan ditentukan Jumat sore. Dia mengatakan, ada 23 DPW Partai Berkarya yang sudah berkumpul di Jakarta untuk melakukan rapat khusus koordinasi nasional.

"Konsolidasi nanti sore akan melakukan rapat koordinasi khusus nasional, bisa juga dilanjutkan dengan musyawarah nasional. Itu tergantung situasi di lapangan," kata Irman.

Dia mengatakan, usai rapat koordinasi khusus nasional itu, nasib Andi sebagai Sekjen Partai Berkarya pun akan segera diputuskan.

Baca Juga: Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta Soroti Kesalahan Partai Islam

3. Andi mundur 25 Juli 2022

Konflik Internal Partai Berkarya, Nasib Sekjen Ditentukan Jumat SoreWakil Ketua Umum Partai Berkarya, Irmanjaya Taher (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Irman mengatakan, Andi mengundurkan diri pada 25 Juli 2022. Dalam rapat koordinasi khusus nasional itu, pihaknya akan meminta pandangan dari DPW terkait hal tersebut.

"Saya rasa pandangan, melihat arahan dari ketua umum dan pandangan dari masing-masing DPW," ucapnya.

Baca Juga: Nama Sri Sultan dan Zulhas Muncul dalam Penjaringan Capres DPW PAN DIY

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya