KSP: Kita di Jalur Tepat untuk Mengakhiri Pandemik COVID-19

PBB memberikan pujian penanganan pandemik di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memuji penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Abraham Wirotomo, mengatakan penanganan pandemik COVID-19 saat ini sudah berada di jalur yang tepat.

“Pujian dari PBB menunjukkan kita sudah dalam jalur yang tepat dalam mengakhiri pandemik COVID19,” ujar Abraham dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga: Data Lengkap Kasus COVID-19 di Indonesia per 26 Mei 2022

1. GPDRR jadi bukti banyak negara akui Indonesia dalam tangani pandemik

KSP: Kita di Jalur Tepat untuk Mengakhiri Pandemik COVID-19Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abraham Wirotomo (dok. KSP)

Pujian PBB itu disampaikan dalam acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Badung, Bali. Di agenda itu, ada ratusan negara yang hadir.

“Tidak mungkin tujuh ribu delegasi dari 185 negara berani datang ke Indonesia jika tidak yakin Indonesia berhasil mengendalikan COVID19,” katanya.

Abrahaman menjelaskan, kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali. Meski demikian, dia meminta kepada semua pihak untuk tidak jemawa.

2. Pujian PBB untuk penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia

KSP: Kita di Jalur Tepat untuk Mengakhiri Pandemik COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Diketahui, pujian itu disampaikan oleh Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, dalam sambutannya pada The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

"Kami semua sangat senang melihat Bali, berkumpul acara tatap muka hari ini dalam skala besar. Saya telah diberitahu bahwa sekitar tujuh ribu peserta telah mendaftar untuk pertemuan hari ini," kata Abdulla.

"Ini merupakan bukti komitmen kuat dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, di bawah kepemimpinan Yang Mulia Presiden Joko Widodo untuk memerangi COVID-19 dan mengembalikan negara ke jalur pemulihan," sambungnya.

Dia juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Indonesia karena sudah berhasil dalam menangani pandemik COVID-19.

3. Sebab Indonesia bisa tangani pandemik COVID-19

KSP: Kita di Jalur Tepat untuk Mengakhiri Pandemik COVID-19Ilustrasi COVID-19. (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut, Abdulla menjelaskan penyebab Indonesia bisa mengendalikan pandemik COVID-19. Salah satunya cakupan vaksinasi yang baik.

"Kasus harian turun tajam dari 64,7 ribu saat puncak menjadi 345 kasus. Pertumbuhan ekonomi terjaga 5,01 persen dan inflasi di level aman 3,5 persen," ucapnya.

Selain itu, kata Abdulla, pemerintah Indonesia membuat kebijakan yang baik dalam menjaga keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi.

"Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan dinamis sesuai situasi terkini, menjalankan kebijakan 'gas dan rem' untuk menjaga keseimbangan sisi kesehatan dan ekonomi dan terbukti telah memberikan dampak baik," kata dia.

Baca Juga: Miris! PBB Sebut Jumlah Pengungsi di Seluruh Dunia Mencapai 100 Juta 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya