Comscore Tracker

Langka! Paus Fransiskus Berkati Misionaris Indonesia di Seluruh Dunia

Pemberkatan itu dibubuhkan dalam kertas ditandatangai Paus

Jakarta, IDN Times - Pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus memberikan berkat kepada misionaris Indonesia yang berada di seluruh dunia. Pemberian berkat itu merupakan momen yang langka.

Pasalnya, saat ini kondisi Paus sedang sakit sehingga mengakibatkannya tidak bisa berjalan. Sementara, momen langka itu diberikan Paus Fransiskus melalui penandatanganan berkat untuk misionaris Indonesia yang tersebar di 70 negara.

Penandatangan itu dibubuhkan pada lembar kertas yang dibawa oleh Panitia Perayaan Paskah Bersama Diaspora Indonesia Katolik sedunia Tahun 2022, yakni AM Putut Prabantoro (Ketua) dan L. Gora Kunjana (Sekretaris) dalam acara audiensi umum di Basilica St. Petrus, Vatikan, Rabu (22/06/2022).

Baca Juga: Paus Fransiskus: Rusia Brutal di Ukraina, Bukan Berarti Putin Jahat

1. Penandatanganan berkat oleh Paus Fransiskus sangat istimewa

Langka! Paus Fransiskus Berkati Misionaris Indonesia di Seluruh DuniaPaus Fransiksus menandatangani berkat untuk missionaris Indonesia

Romo Markus Solo mengatakan, penandatanganan berkat oleh Paus Fransiskus sangat istimewa. Berkat tersebut berbunyi La mia benedizione per i missionari indonesiani che si trovano in più di 70 paesi in tutto il mondo. Spero che tutte le vostre opere possano portare sempre l'amore di Dio a coloro che hanno bisogno della vostra presenza. E a loro la vostra presenza possa manifestare la vera immagine di Dio. Rimanete a essere umile e fedele nella vocazione missionaria. - La mia benedizione Papa Francesco.

Artinya, "Berkatku bagi para misionaris Indonesia yang berada di lebih dari 70 negara di dunia. Semoga karya-karya kalian bisa selalu membawa kasih Allah bagi mereka yang membutuhkan kehadiran kalian dan semoga kehadiran kalian selalu menghadirkan gambaran sejati Allah. Tetaplah rendah hati dan setia dalam panggilan sebagai misionaris.”

Baca Juga: Paus Fransiskus Ajak Dunia Doakan Korban Perang di Ukraina

2. Bukan hal mudah Paus tandatangani suatu dokumen

Langka! Paus Fransiskus Berkati Misionaris Indonesia di Seluruh DuniaMissionaris Indonesia (IDN Times/Istimewa)

Romo Markus Solo menjelaskan, alasan Paus Fransiskus langka memberikan tanda tangan berkat karena tak mudah seorang pemimpin umat Katolik menandatangani suatu dokumen. Menurutnya, dokumen tersebut harus melalui berbagai rumusan.

“Kan menandatangani artinya menyetujui kandungan dokumen itu dan siap menanggung konsekuensi apapun yang terjadi. Tindakan beliau ini merupakan sebuah loncatan besar, tentu karena sebuah alasan yang lebih besar dibaliknya," katanya, dalam keterangan tertulis.

"Loncatan karena di Vatikan kami terbiasa dengan cara kerja menyiapkan rumusan-rumusan tertulis dengan pilihan kata-kata penuh pertimbangan, menyerahkannya kepada petinggi untuk diteliti lalu pada akhirnya ditandatangani setelah merasa semua beres,” tambah Romo Markus.

3. Tanda tangan berkat Paus sebagai pengakuan dan apresiasi terhadap gereja di Indonesia

Langka! Paus Fransiskus Berkati Misionaris Indonesia di Seluruh DuniaPaus Fransiskus. (ANTARA FOTO/Reuters-Kim Kyung Hoon)

Lebih lanjut, Markus menjelaskan, penandatanganan berkat itu merupakan bentuk konfirmasi pengetahuan Paus Fransiskus terhadap misionaris Indonesia yang tersebar di 70 negara.

Selain itu, penandatangan berkat tersebut juga sebagai bentuk apresiasi Paus Fransiskus terhadap gereja yang ada di Indonesia. Paus memberkati semua karya misi yang diemban para misionaris.

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya