Lantik Anggota KPU-Bawaslu, Jokowi: Segera Tancap Gas!

Tahapan pemilu akan dimulai pada 14 Juni 2022

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 di Istana, Selasa (12/4/2022). Jokowi meminta kepada komisioner KPU dan Bawaslu segera bekerja.

"Saya harapkan anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja saya lantik, dapat segera bekerja, dapat segera tancap gas, langsung berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah menajalankan tugas dan kewenangannya, untuk mempersiapkan pemilu dan pilkada sesuai pada tahapan yang sudah ditentukan pada 2024," ujar Jokowi dalam siaran video di kalan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, tahapan pemilu 2024 akan dimulai pada 14 Juni 2022. Sehingga, KPU dan Bawaslu harus mempersiapkan dengan baik.

Baca Juga: Rahmat Bagja Jadi Ketua Bawaslu RI Periode 2022-2027

1. Jokowi minta KPU berikan pendidikan politik yang baik

Lantik Anggota KPU-Bawaslu, Jokowi: Segera Tancap Gas!Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Rabu (4/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kesempatan itu, Jokowi berpesan, agar KPU memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Dia berharap tidak ada lagi politik identitas di masyarakat jelang pemilu.

"Pemerintah akan memberikan dukungan sepenuhnya bagi peaksanaan tugas KPU dan Bawaslu, terutama dukungan anggaran melalui APBN dan APBD," katanya.

Baca Juga: [BREAKING] Hasyim Asy’ari Terpilih Jadi Ketua KPU 2022-2027

2. Presiden Jokowi lantik anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027

Lantik Anggota KPU-Bawaslu, Jokowi: Segera Tancap Gas!Logo KPU (journal.kpu.go.id)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4/2022). Pelantikan tersebut ditayangkan secara langsung melalui YouTube Sekreriat Presiden, Selasa (12/4/2022), pukul 13.35 WIB.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33/P Tahun 2022, tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota Komisi Pemilihan Umum.

Sementara, untuk Bawaslu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 34/B Tahun 2022, tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum.

Jokowi mengenakan setelan jas berwarna abu-abu dalam upacara pelantikan tersebut. Jokowi kemudian meminta tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu untuk mengikuti pembacaan sumpah.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum, sebagai anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpegangan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 19945, bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil dan cermat demi suksesnya pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Tegaknya demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau golongan," ujar tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu.

3. Daftar nama anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027

Lantik Anggota KPU-Bawaslu, Jokowi: Segera Tancap Gas!Logo Bawaslu (tangerangselatankota.bawaslu.go.id)

Berikut nama tujuh anggota KPU periode 2022-2027:

- Betty Epsilon Idroos
- Hasyim Asy’ari
- Mochammad Afifuddin
- Parsadaan Harahap
- Yulianto Sudrajat
- Idham Holik
- August Mellaz.

Berikut lima anggota Bawaslu periode 2022-2027:

- Lolly Suhenty
- Puadi
- Rahmad Bagja
- Totok Haryono
- Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya