Comscore Tracker

Mahfud MD Siapkan Kekuatan Penuh TNI-Polri Amankan Presidensi G20

Tidak ada toleransi terhadap segala bentuk gangguan

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan menjadi tuan rumah acara internasional Presidensi G20 pada 2022. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama satu tahun penuh yakni Desember 2021 hingga akhir 2022.

Untuk mengamankan kegiatan ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pihaknya telah menyiapkan kekuatan penuh dari TNI-Polri. Mahfud sendiri didaulat menjadi ketua dukungan penyelenggara acara ini.

"Penyelenggaraan Presidensi G20 tahun 2022 akan menentukan citra dan kehormatan bangsa dan negara Indonesia di dunia internasional," ujar Mahfud dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: RI Tuan Rumah Presidensi G20, Fokuskan Kepentingan Negara Berkembang

1. Tak ada toleransi terhadap segala bentuk gangguan

Mahfud MD Siapkan Kekuatan Penuh TNI-Polri Amankan Presidensi G20ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Mahfud menegaskan, pemerintah tak akan menolerir segala bentuk gangguan yang dapat mengganggu jalannya acara. Sebab, Indonesia dikenal selalu sukses menyelenggarakan event internasional.

"Sudah bertekad untuk tidak memberikan toleransi atas munculnya ancaman dalam bentuk apa pun yang dapat merusak citra dan kehormatan bangsa Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: Presidensi G20 Indonesia 2022 Momentum Majukan Ketenagakerjaan

2. Mahfud ajak masyarakat dukung penyelenggaraan Presidensi G20

Mahfud MD Siapkan Kekuatan Penuh TNI-Polri Amankan Presidensi G20Menko Polhukam Mahfud MD (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Lebih lanjut, Mahfud mengajak masyarakat Indonesia mendukung acara tersebut. Dukungan masyarakat yang baik dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para tamu negara yang hadir.

Mahfud kemudian menjelaskan persiapan yang sudah dilakukan, sedang dilakukan, dan akan dilakukan. Pertama, menyiapkan logistik, infrastruktur, protokol, konsuler, akomodasi, transportasi hingga venue.

"Kedua, persiapan komunikasi dan media, pemilihan tema besar untuk presidensi Indonesia, dan menyiapkan sistem aplikasi untuk track and trace dalam upaya mengontrol penyebaran COVID-19," ucapnya.

3. Fasilitas nomor wahid bagi peserta acara

Mahfud MD Siapkan Kekuatan Penuh TNI-Polri Amankan Presidensi G20Menkopolhukam Mahfud MD memberikan sambutan dalam acara silaturahmi bersama para tokoh di Sumut, Kamis (3/7) malam. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Mahfud kemudian menjelaskan mengenai fasilitas yang akan disiapkan bagi para tamu negara dan peserta acara. Mulai dari tersedianya layanan kesehatan tipe A, tersedianya penerbangan dari negara anggota G20 setiap hari, terdapat penerbangan kelas bisnis, dan fasilitas VIP di bandara.

Kemudian ada layanan kendaraan VIP, fasilitas hotel bintang lima bersertifikat CCSI. Kemudian tersedianya jaringan internet dan dukungan IT.

Selain itu, panitia acara juga menyediakan tempat pertemuan yang terdiri dari ruang sidang dengan luas 900 meter persegi. Menyediakan ruang pendukung seperti dining room, secretaria, ruang eksibisi hingga information center.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya