Majelis Hukama Muslimin Gelar Seminar di Hari Persaudaraan Manusia

PBB menetapkan Hari Persaudaraan Manusia pada 4 Februari

Jakarta, IDN Times - Majelis Hukama Muslimin (MHM) akan menggelar rangkaian seminar dalam rangka peringatan Hari Persauraan Manusia Internasional. Hari tersebut ditetapkan  Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 4 Februari.

"Semangat persaudaraan manusia yang digaungkan dua tokoh agama dunia, Grand Syekh Ahmed Al-Tayeb dan Paus Fransiskus perlu terus dihidupkan. Salah satu ikhtiar kami adalah mengkampanyekan nilai-nilai Piagam Persaudaraan itu melalui serangkaian seminar di sejumlah kampus," ujar anggota Komite Eksekutif MHM, TGB M Zainul Majdi, Senin (30/1/2023).

TGB mengatakan, Profesor Quraish Shihab merupakan tokoh Indonesia yang tercatat sebagai salah satu pendiri MHM. Menurutnya, MHM berpusat di Abu Dhabi, UEA.

Baca Juga: MHM Dorong Muslim Beragam Aliran Gelar Dialog Tingkatkan Persaudaraan

1. Rangkaian seminar akan digelar di Universitas Hindu Negeri

Majelis Hukama Muslimin Gelar Seminar di Hari Persaudaraan ManusiaAnggota Komite Eksekutif MHM, TGB M Zainul Majdi (dok, MKH)

TGB menerangkan, rangkaian seminar akan digelar di Universitas Hindu Negeri (UHN) Bali pada 30 Januari 2023, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Surakarta pada 2 Februari 2023. Sebelumnya, giat yang sama juga digelar Universitas Atma Jaya Jakarta pada 25 Januari 2023 dan TGB hadir sebagai pembicara.

Selain itu, Din Syamsuddin juga memprakarsai seminar digelar di Gedung DPR RI.

TGB menjelaskan, narasumber yang hadir antara lain, Lukman Hakim Saifuddin (Menag 2014-2019), Romo Agustinus Heri Wibowo (Katolik), Rektor UHN Denpasar, Rektor UIN Surakarta, tokoh agama dan akademisi di Bali dan Surakarta.

Untuk kegiatan di Atma Jaya, hadir TGB M Zainul Majdi, Kardinal Ignatius Suharyo (KWI), Pendeta Gumar Gultom (PGI), Bhante Dhammasubho, KH Ulil Absor Abdalla (PBNU), dan Abd Rohim Ghazali (Maarif Institute).

Baca Juga: Majelis Hukama Muslimin Akan Gelar Sidang, Paus Fransikus Hadir

2. MHM juga kerja sama dengan Kemenag siapkan naskah khutbah soal persaudaraan manusia

Majelis Hukama Muslimin Gelar Seminar di Hari Persaudaraan ManusiaSekretaris Jenderal Majelis Hukama Al-Muslimin (MHM) Sultan Al-Remeithi bertemu dengan Wakil Presiden RI KH Maruf Amin di Jakarta. (dok. MHM)

Lebih lanjut, TGB menerangkan, MHM juga bekerja sama denga Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan naskah khutbah Jumat, bertema persaudaraan manusia.

"Insyaallah, khutbah Jumat di Masjid Istiqlal pada 3 Februari juga akan mengangkat tema persaudaraan manusia,” ucap dia.

3. Rangkaian seminar digelar dalam rangka implementasi nilai-nilai dari Piagam Persaudaraan Manusia

Majelis Hukama Muslimin Gelar Seminar di Hari Persaudaraan ManusiaIDN Times / Helmi Shemi

TGB mengatakan, rangkaian seminar itu digelar dalam rangka implementasi nilai-nilai Piagam Persaudaraan Manusia, yang dikenal sebagai Dokumen Abu Dhabi.

"Dokumen Abu Dhabi adalah pernyataan yang tegas bahwa kita harus beranjak dari toleransi menuju kerja sama,” tegas TGB.

Menurut TGB, dokumen Abu Dhabi yang menginspirasi ditetapkannya Hari Persaudaraan Manusia Internasional ini, lahir dari sebuah keresahan atas fakta orang hanya ramai bicara toleransi dengan beragam klaimnya.

“Toleransi kalau tidak dimaknai dengan baik, akan bisa menumbuhkan sikap eksklusif. Masing-masing memikirkan dirinya dan kelompoknya, sebatas tidak mengganggu tapi juga tidak peduli,” imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya