Makin Khawatir, Mega Ingatkan Nadiem soal Bahasa Daerah Kian Punah

Banyak anak muda RI kini fasih bahasa asing

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menyoroti semakin punahnya bahasa daerah di Indonesia. Dia mengatakan, anak muda Indonesia saat ini lebih fasih berbahasa Inggris.

"Bukan gak boleh (fasih bahasa Inggris), nanti saya di-bully, Ibu Mega kurang opo kurang pinter. Tapi mesti harus tahu juga dong Bahasa Indonesia yang fasih, terus opo Bahasa Jawa. Dan saya denger juga bahasa daerah udah, karena BRIN to suruh bongkar-bongkar bahasa daerah yang punah sudah ada loh pak," ujar Megawati di HUT ke-50 PDIP di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Mendikbudristek, Nadiem Makarim yang turut hadir juga diminta Megawati untuk membuat kurikulum mengenai pentingnya pelajaran bahasa daerah. Sebab, itu merupakan budaya dan jati diri bangsa.

"Pak Nadiem, mbok ya selain speak English gitu, ntar Ibu Mega dibilang norak deh Bu Mega. Bahasa Inggrisnya kayak Jowo. Kan ada yang wle wle wle gitu. Bahasa Inggris itu menunjukkan bahasa asing. Ya gak apa-apa. Tapi mbok bahasa daerah dipertahankan," kata dia.

Lebih lanjut, Megawati mengaku, bahasa daerah itu penting. Mega mencontohkan, dirinya fasih berbahasa Jawa, khususnya aksen Jawa Tengah.

"Buktinya saya di Jawa Tengah aku bisa coro Jowo, coba kalau Jawa Tengah Indonesia melulu enggak gathuk dah pie arep ngomong," ucap dia.

https://www.youtube.com/embed/BrvmWEtAIjc

Baca Juga: Sapa Ribuan Kader di HUT ke-50 PDIP, Megawati: Tahu Bapak Saya?

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya