Mardani PKS Sempat Duga Kebebasan Rizieq Shihab untuk Pengalihan Isu

Mardani mengaku bahagia Rizieq Shihab keluar dari penjara

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, sempat menduga kebebasan Rizieq Shihab dari rumah tahanan Bareskrim Polri untuk pengalihan isu. Namun, ketika Mardani mengonfirmasi ke pengacara Rizieq, Aziz Yanuar, kebebasan Rizieq memang sudah terjadwal.

"Kita bahagia Habib Rizieq Shihab (HRS) keluar, saya terus terang kaget, karena ada kepikir keluar (HRS bebas untuk tutupi) ada isu lain, Aziz bilang gak, memang jadwalnya keluar," ujar Mardani dalam acara Total Politik dengan tema 'Kembalinya Habib Rizieq, Siapa Untung, Siapa Rugi Jelang 2024?', Minggu (24/7/2022).

Baca Juga: Bebas dari Penjara, Rizieq Shihab: Bukan Pemberian Parpol dan Pejabat 

1. Apa pengaruh kebebasan Rizieq untuk PKS?

Mardani PKS Sempat Duga Kebebasan Rizieq Shihab untuk Pengalihan IsuRizieq Shihab menyanyikan Indonesia Raya bersama dengan Simpatisan di Bandara Soetta pada Selasa (10/11/2020) (Youtube.com/TV ONE)

Mardani kemudian menjelaskan mengenai pengaruh kebebasan Rizieq untuk PKS. Dia mengatakan, secara terminologi dakwah, Rizieq dan PKS sama-sama melakukan dakwah Islam.

"Kalau pakai terminologi dakwah, kan dua sisi, amar ma'ruf nahi munkar, PKS karena partai keadilan, kita seimbang antara amar ma'ruf nahi munkar kita dalam posisi oposisi, Habib Rizieq ini amar ma'ruf jalan tapi kuatnya nahi munkar," kata dia.

Anggota Komisi II DPR RI ini menjelaskan, dari sisi politik, PKS di DPR RI menjalankan nahi munkar dengan posisinya sebagai partai oposisi. Sementara, untuk urusan amar ma'ruf-nya mengikuti dan mengusung calonnya di pemilu dan pilkada.

Baca Juga: Rizieq Shihab Bebas, Menkumham: Bukan Tahanan Kota

2. Belum layak Habib Rizieq ditanya soal dukungannya dalam Pilpres 2024

Mardani PKS Sempat Duga Kebebasan Rizieq Shihab untuk Pengalihan IsuTwitter/@MardaniAliSera

Lebih lanjut, Mardani mengakui Rizieq merupakan ulama yang banyak pengikutnya. Namun, kata dia, Habib Rizieq belum layak ditanya soal dukungannya dalam Pilpres 2024.

"Capres-cawapres belum ada, menurut saya (HRS) tidak layak ditanya pandangan soal capres 2024," ucap dia.

3. Rizieq Shihab tak gelar acara usai bebas bersyarat

Mardani PKS Sempat Duga Kebebasan Rizieq Shihab untuk Pengalihan IsuHabib Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Diketahui, Rizieq Shihab dinyatakan bebas bersyarat pada Rabu (20/7/2022). Usai bebas, Rizieq Shihab menyatakan tidak akan menggelar acara di kediamannya, kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Pengacara Rizieq, Aziz Yanuar mengatakan, Rizieq harus mematuhi aturan yang diberikan. Sebab jika dilanggar, hal itu bisa mengganggu status bebas bersyarat yang diterimanya.

"Tidak ada (acara di kediaman). Saya tegaskan lagi, Habib (Rizieq) di sini pembebasan bersyarat. Artinya, semua mesti ada ketentuan yang harus ditaati. Kemudian, nanti kita selalu berkoordinasi dengan pihak terkait," kata Aziz di Petamburan.

Rizieq juga tidak akan melakukan ceramah dalam waktu dekat. Hanya saja, sempat digelar pengajian sebagai bentuk penyambutan bebasnya Rizieq dari tahanan.

Adapun Rizieq bertekad akan menaati aturan yang ada. Sebab, dia akan kembali ditangkap tanpa proses persidangan sehingga harus melanjutkan satu tahun masa tahanan tanpa remisi, jika melakukan pelanggaran.

"Jangan sampai dalam pembebasan bersyarat ini belum apa-apa kita sudah melakukan pelanggaran. Karena sudah melakukan pelanggaran, saya akan ditangkap lagi tanpa sidang, dan saya harus melanjutkan lagi ditahanan satu tahun tanpa remisi," ujar Rizieq.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya