Comscore Tracker

Masuk Tahun Baru Islam Besok, Begini Niat Puasa Muharram

Muharram juga dijuluki dengan bulan Allah SWT

Jakarta, IDN Times - Umat muslim akan merayakan Tahun Baru Islam 1443 Hijriah besok, Selasa (10/68/2021). Muharram juga dijuliki dengan Syahrullah atau bulan Allah.

Dilansir dari NU Online, ada banyak puasa sunah yang bisa dilakukan pada Muharram. Selain puasa Senin dan Kamis, puasa hari Tasua (9 Muharram) dan hari Asyura (10 Muharram) juga disunahkan.

Baca Juga: 5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Jadi Tidak Sah

1. Niat puasa Tasua dan Asyura

Masuk Tahun Baru Islam Besok, Begini Niat Puasa MuharramIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Puasa Tasu'a 9 Muharram jatuh pada Rabu, 18 Agustus 2021 dan puasa Asyura 10 Muharram tepat pada Kamis, 19 Agustus 2021. Berikut doa niat kedua puasa sunah tersebut:

Niat puasa Tasu'a

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya niat puasa hari tasu'a, sunnah karena Allah ta'ala."

Niat puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

"Saya berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta'ala"

2. Doa akhir tahun (tarikh)

Masuk Tahun Baru Islam Besok, Begini Niat Puasa MuharramIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Rasulullah SAW menganjurkan doa dibaca sebanyak tiga kali sebelum magrib pada hari terakhir Dzulhijjah.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

2. Doa awal tahun

Masuk Tahun Baru Islam Besok, Begini Niat Puasa MuharramIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Doa awal tahun dibaca dengan berharap Allah SWT memberikan perlindungan, kesehatan, rezeki, jodoh, karier, keharmonisasi dan segala kebaikan lainnya, serta wafat dalam khusnul khatimah. Doa ini dibaca tiga kali.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ


Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Baca Juga: Besok Tahun Baru Islam, Ini Doa Awal dan Akhir Tarikh

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya