Megawati ke Jokowi: Pertahanan Kita Kok Maju Mundur?

Megawati singgung soal pelurusan sejarah Pancasila

Jakarta, IDN Times - Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, mempertanyakan ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengenai sistem pertahanan NKRI. Dia kemudian mengusulkan pada Jokowi untuk membahas mengenai postur pertahanan bersama dengan TNI.

"Negara kita adalah negara archipelago, terdiri dari kepulauan dan laut yang menutupi kita menjadi sebuah perekat dari negeri kita. Saya juga bilang sama Pak Jokowi, 'Pak Jokowi, sistem pertahanan kita kok istilahnya maju mundur'. Siapa yang sebenarnya yang utama?" ujar Megawati dalam keterangannya saat memberi kuliah umum di Seskoal, Selasa (4/10/2022).

Menurutnya, pembahasan pertahanan itu bisa dilakukan dengan Panglima TNI dan tiga matra lainnya, yakni TNI AD; TNI AU; serta TNI AL.

"Kalau saya minta, kumpulkan semua. Ini yang namanya gotong-royong, musyawarah untuk mufakat. Bagaimana untuk masa depan pertahanan kita," ucap dia.

Baca Juga: Megawati Ingin Bangun Kantor PDIP di 4 Titik Perbatasan RI

1. Megawati enggan menjelaskan terkait postur pertahanan RI

Megawati ke Jokowi: Pertahanan Kita Kok Maju Mundur?Megawati Soekarnoputri dalam acara Jeju Forum for Peace and Prosperity tahun 2022 di Korea Selatan (dok. PDIP)

Usai acara, Megawati enggan menjelaskan lebih lanjut terkait postur pertahanan yang disampaikannya. Menurutnya, yang harus menjelaskan adalah Presiden Jokowi.

“Itukan sudah jelas. Tiga matra, panglima, dan semua yang ada hubungannya dengan pertahanan RI. Jangan saya yang disuruh jelaskan, ya presiden,” kata Megawati.

Baca Juga: Megawati Kumpulkan Kepala Daerah dari PDIP Hari Ini, Ada Apa?

2. Megawati bicara soal Pancasila

Megawati ke Jokowi: Pertahanan Kita Kok Maju Mundur?Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Dalam kuliah umum itu, Megawati turut bicara soal Pancasila dan cara pandang geopolitik dalam menjalankan tugas serta darma bakti.

“Saya menjelaskan hubungan Pancasila dengan geopolitik, itulah pesan utamanya. Mereka perwira ini yang akan menjadi bagian dari bangsa kita, yang akan menjadi bagian pertahanan keamanan republik ini. Lalu kalau tidak mengerti, sebenarnya sejarah Pancasila dan ilmu geopolitik dalam pelaksanaan sebagai matra di pergolakan dunia ini, saya kurang tahu akan jadi seperti apa,” ucap dia.

Baca Juga: Kunker ke Maluku, Jokowi Bicara Pentingnya Pertahanan Keamanan NKRI

3. Singgung sejarah Pancasila harus diluruskan

Megawati ke Jokowi: Pertahanan Kita Kok Maju Mundur?ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Ketua Umum PDI Perjuangan itu kemudian menyebut sejarah Pancasila harus diluruskan. Menurutnya, pada Orde Baru, sejarah mengenai Pancasila sempat dibelokkan.

Oleh karena itu, dia meminta sejarah dan pemahaman tentang Pancasila harus sesuai dengan aslinya.

“Sejarah bisa menjadi sebuah proyeksi ke tengah dan ke depan. Dengan demikian pelurusan sejarah itu perlu. Terutama untuk generasi muda,” ujarnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya