Comscore Tracker

Megawati Serahkan Nama Kader PDIP ke Jokowi untuk Isi Kursi Menpan-RB

Megawati bertemu Jokowi pada Kamis, 18 Agustus 2022

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, sudah menyerahkan sejumlah nama kadernya ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Nama-nama tersebut akan dipilih Jokowi menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menpan-RB.

Diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan Megawati bertemu dengan Jokowi pada Kamis (18/8/2022).

"Ya pada hari Kamis yang lalu, Ibu Mega sudah bertemu dengan Presiden Jokowi, dan nama-nama sudah diserahkan," ujar Hasto di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga: Alasan Jokowi Tak Kunjung Lantik Pengganti Menteri Tjahjo

1. Megawati serahkan nama-nama kader PDIP untuk diputuskan Jokowi

Megawati Serahkan Nama Kader PDIP ke Jokowi untuk Isi Kursi Menpan-RBKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Hasto menegaskan, Megawati menghormati sistem presidensial yang dianut oleh Indonesia. Pada sistem itu, presiden memiliki hak prerogratif dalam menentukan menterinya.

"Ibu Megawati Soekarnoputri ini menghormati sistem presidensial, sehingga nama-nama sudah serahkan. Sehingga Bapak Presiden Jokowi lah yang akan menetapkan dan akan menentukan kapan momentumnya," kata dia.

Meski demikian, Hasto enggan menyampaikan siapa kader PDIP yang diusulkan menggantikan Tjahjo Kumolo. Yang pasti, kata dia, nama yang diusulkan lebih dari satu orang.

Baca Juga: Hari Ini Rabu Pon, Jokowi Lantik Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo?

2. Alasan Jokowi tak kunjung lantik pengganti Menteri Tjahjo

Megawati Serahkan Nama Kader PDIP ke Jokowi untuk Isi Kursi Menpan-RBPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan Jokowi tak segera melantik pengganti Tjahjo karena kesibukan.

"Pertama, karena kesibukan beliau sebagai seorang presiden. Kemarin juga pergi ke Beijing, Tokyo, Seoul mempersiapkan materi dan lain-lain. Sebelumnya, ke Eropa, baru kemarin sudah mempersiapkan 17 Agustus, pidato kenegaraan," ujar Heru di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

3. Heru mengaku belum tahu apakah Jokowi sudah memilih nama

Megawati Serahkan Nama Kader PDIP ke Jokowi untuk Isi Kursi Menpan-RBKasetpres, Heru Budi Hartono dalam Konferensi Pers Terkait Peringatan HUT ke-75 RI, Kantor Presiden, Kamis (6/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Heru mengatakan, dirinya belum mengetahui apakah Jokowi sudah memilih nama pengganti Tjahjo.

Selain itu, Heru juga tidak mengetahui apakah ada pertemuan antara Megawati dengan Jokowi yang membahas soal pengganti Tjahjo. 

"Saya gak ikutin," kata dia.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya