Megawati Singgung Ada Kelompok 'Memancing di Air Keruh' saat Pandemik

Megawati sebut Jokowi sudah bekerja keras tangani COVID-19

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mendukung penuh Presiden Joko "Jokowi" Widodo terkait penanganan COVID-19. Menurutnya, Jokowi telah bekerja keras untuk mengatasi pandemik COVID-19 di Indonesia.

"Bayangkan ketika Presiden Jokowi dengan susah payah bekerja keras untuk mengatasi pandemi COVID-19 masih saja tarik-menarik kepentingan terjadi. Banyak yang tidak menduga betapa bahaya nya Covid-19 dengan berbagai variannya," ujar Megawati dalam pidato politiknya di HUT ke-49 PDI Perjuangan Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Kepala BRIN: Kehadiran Megawati Bisa untuk Dukungan Anggaran di DPR 

1. Megawati sebut ada kelompok memancing di air keruh

Megawati Singgung Ada Kelompok 'Memancing di Air Keruh' saat PandemikKetua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri ketika memberikan sambutan "Sarasehan Nasional Indonesia Muda Membaca Bung Karno" pada Selasa, 29 Juni 2021 (Tangkapan layar Megawati Institute)

Dalam kesempatan itu, Megawati menyinggung adanya kelompok yang "memancing di air keruh". Hal itu tentu mengganggu upaya penanganan pandemik COVID-19 yang selama ini dilakukan pemerintah.

"Saya masih melihat ada kelompok politik yang 'memancing di air keruh'. Di luar itu ada juga kelompok kepentingan yang bertindak bagaikan benalu yang menginduk pada inangnya atas nama pandemi mereka masih saja mencari keuntungan materi," katanya.

Baca Juga: Harga Minyak dan Cabai Tinggi, Megawati Bilang ke Jokowi: Aneh Betul!

2. Megawati buka suara soal ditunjuk jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

Megawati Singgung Ada Kelompok 'Memancing di Air Keruh' saat PandemikANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dalam pidatonya, Megawati juga buka suara soal penunjukkannya menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Mayoritas masyarakat menganggap kalau jabatan itu kurang pas diembang Jokowi.

"Pak Jokowi, saya berterima kasih lho, Bapak membentuk BRIN cuma banyak yang nanya, kenapa Pak Jokowi yang dijadikan saya lagi gitu, saya ya bilang yang nyuruh presiden, memang maunya saya sendiri, coba toh, aneh ya," katanya.

Dia kemudian menyinggung mengenai wawancara Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko. Kala itu, Handoko ditanya mengenai alasan Megawati menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN.

"Saya dengar Pak Kepala BRIN sempat diwawancara, eh saya sempat disinggung, kenapa yang dijadikan ketua Dewan Pengaearah Ibu Mega, Pak handoko bilang, 'yang ngomong riset Pak habibie sama Ibu Mega'. aya mungkin kurang bisa ngomong kali ya pak Jokowi, jadi orang kayaknya dianggap barangkali ya kurang pintar, saya suka ketawa sendiri," katanya.

3. Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

Megawati Singgung Ada Kelompok 'Memancing di Air Keruh' saat PandemikKetua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sebelumnya, Jokowi melantik BRIN di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (13/10/2021). Pelantikan tersebut digelar sejak pukul 13.30 WIB. Dalam pelantikan ini, salah satu yang dilantik oleh Jokowi adalah Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri. Pelantikan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pelantikan hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dengan mengenakan setelan jas warna biru tua dan masker coklat, serta dasi merah, Jokowi tampak berdiri tegap dan siap memimpin jalannya pelantikan serta sumpah jabatan.

Baca Juga: Larang Jokowi Impor Alkes, Mega: Masa Gituan saja Gak Bisa Bikin

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya