Menko PMK Terbitkan Surat Rekomendasi Penerapan SNI Aksara Nusantara

Pegiat aksara nusantara menyambut baik rekomendasi ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menerbitkan surat rekomendasi Standar Nasional Indonesia (SNI) aksara Nusantara. Surat rekomendasi itu diberikan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate untuk mendorong pemanfaatan hasil digitalisasi aksara Nusantara.

Muhadjir mengatakan, surat rekomendasi itu diterbitkan juga untuk mendorong program pengembangan, pembinaan, dan perlindungan Bahasa Indonesia. Selain itu, kata dia, perlindungan juga harus diberikan kepada bahasa, aksara daerah, dan sastra.

Baca Juga: 6 Aksara Nusantara yang Jadi Bukti Keragaman Budaya Bangsa, Tahu?

1. Bahasa, aksara, dan sastra dilindungi undang-undang

Menko PMK Terbitkan Surat Rekomendasi Penerapan SNI Aksara NusantaraIDN Times/Sukma Shakti

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga, Kemenko PMK, Didik Suhardi, menjelaskan bahasa, aksara, dan sastra dilindungi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2014. Karenanya, penting untuk melakukan digitalisasi aksara Nusantara.

"Upaya ini perlu didukung oleh semua pihak. Sebagaimana arahan Bapak Menko PMK, diharapkan Kemenkominfo dapat memfasilitasi penerapan SNI Aksara Nusantara ini, dalam perangkat digital yang akan digunakan di Indonesia," kata Didik, dilansir ANTARA, Minggu (26/12/2021).

2. Pegiat aksara Nusantara antusias dengan rekomendasi penerapan SNI

Menko PMK Terbitkan Surat Rekomendasi Penerapan SNI Aksara NusantaraIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dan para pegiat aksara Nusantara mengaku senang dengan adanya rekomendasi penerapan SNI. Terlebih, aksara Nusantara akan digitalisasi.

"Saya mewakili PANDI dan teman-teman pegiat aksara Nusantara sangat bahagia dan haru mendengar hal tersebut. Ini menjadi momentum yang baik bagi digitalisasi aksara Nusantara. Semoga ke depannya aksara Nusantara bisa diimplementasikan ke dalam perangkat digital, sehingga akses penggunaannya akan lebih mudah digunakan," kata Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Kerjasama, dan Pemasaran PANDI, Heru Nugroho.

Baca Juga: Menko Muhadjir Minta Indonesia Jangan Mimpi Bebas Bencana, Kenapa?

3. Surat rekomendasi Menko PMK diharapkan dapat segera ditindaklanjuti

Menko PMK Terbitkan Surat Rekomendasi Penerapan SNI Aksara NusantaraIDN Times/Sukma Shakti

Sementara, salah satu pegiat aksara Nusantara, Sudarto HS berharap surat rekoemndasi Menko PMK dapat segera ditindaklanjuti. Dia juga berharap dengan digitalisasi aksara Nusantara, dapat ditindaklanjuti para pelaku industri.

"Semoga rekomendasi Menko PMK tersebut bisa segera ditindaklanjuti untuk diimplementasikan oleh industri. Misalnya, pemberitahuan ke Microsoft, bahasa dan aksara yang di sistem Windows diperbarui atau distandarkan sesuai dengan aksara Nusantara SNI," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya