Comscore Tracker

MKD Bakal Panggil Pemilik Mobil Pelat DPR yang Parkir di Tempat Disabilitas

Mobil itu milik anggota DPR Fraksi NasDem, Rudi Hartono

Jakarta, IDN Times - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) berencana memanggil pemilik mobil berpelat DPR yang parkir di tempat parkir khusus disabilitas. Pemilik mobil itu diketahui merupakan anggota DPR Fraksi NasDem, Rudi Hartono Bangun.

"Ya kami akan mengundang yang bersangkutan untuk mengklarifikasi masalah tersebut. Kami berterima kasih kepada masyarakat yang menginformasikan meskipun tidak membuat laporan langsung ke MKD," ujar Wakil Ketua MKD Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

Habiburokhman mengatakan mobil tersebut bukan kendaraan dinas DPR. Tapi, mobil pribadi yang diberi pelat DPR.

"Itu bukan mobil dinas, itu mobil miliki pribadi yang memang secara resmi pakai pelat dinas, anggota DPR kan gak dapat mobil dinas," ucapnya.

"Kami berharap semua anggota memberikan edukasi kepada driver-nya, agar berhati-hati dalam mengendarai kendaraan dengan TNKB khusus DPR," sambungnya.

1. Penjelasan Rudi Hartono kepada MKD

MKD Bakal Panggil Pemilik Mobil Pelat DPR yang Parkir di Tempat DisabilitasGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Secara terpisah, Wakil Ketua MKD Nazaruddin Dek Gam mengatakan mobil itu diparkirkan oleh sopir dari Rudi. Sementara, ia mengatakan, Rudi tidak mengetahui hal tersebut.

"Iya betul Rudi Hartono Bangun Fraksi NasDem. Pokoknya Dapil Sumut (Sumatra Utara)," kata Dek Gam.

Dek Gam mengatakan MKD akan menegur sopir Rudi. Sebab, sang sopir yang membuat kelalaian.

"Iya akan kita tegur sopirnya. Makanya kita akan kita tegur ini, kan tidak ada hubungannya sama anggotanya. Artinya kelalaian sopir saja kan. Kecuali anggota divideoin, anggotanya yang bawa mobil gitu," katanya.

Baca Juga: Viral, Mobil Mewah Pelat DPR Parkir di Tempat Khusus Disabilitas

2. Mobil mewah pelat DPR parkir di tempat khusus disabilitas viral

MKD Bakal Panggil Pemilik Mobil Pelat DPR yang Parkir di Tempat DisabilitasMobil anggota DPR Parkir di Parkiran Khusus Difabel. (instagram.com/dtdavidtobing)

Sebelumnya, beredar sebuah foto menunjukkan mobil berpelat DPR terparkir di tempat khusus disabilitas. Foto tersebut pertama kali diunggah akun Instagram @dtdavidtobing.

Tobing menjelaskan foto tersebut diambil pada Selasa (7/12/2021) di salah satu mal di Jakarta.

"Di Plaza Senayan basement di pintu masuk foodhall," kata Tobing saat dikonfirmasi, Rabu (8/12/2021).

3. Heran ada mobil besar parkir di tempat khusus disabilitas

MKD Bakal Panggil Pemilik Mobil Pelat DPR yang Parkir di Tempat DisabilitasMobil anggota DPR Parkir di Parkiran Khusus Difabel. (instagram.com/dtdavidtobing)

David menerangkan, saat mengambil foto itu, ia hendak pulang menuju mobilnya. Namun, dia melihat ada mobil besar mewah dan berpelat DPR terparkir di tempat khusus disabilitas.

"Saya melihat di tempat parkir berkebutuhan khusus ada mobil besar dan pelat DPR, saya ragu apa betul mobil tinggi gini bawa orang yang difabel?" katanya.

Berdasar sepengetahuan David, mobil yang biasa membawa penyandang disabilitas lebih kecil agar memudahkan turun dari kendaraan.

"Makanya di status saya 'semoga yang naik orang yang berkebutuhan khusus'. Karena saya ragu aja, kan itu buat orang yang difabel," ucapnya.

Baca Juga: Anggota DPR Minta Jaksa Hati-hati Terapkan Pasal Berlapis ke Bripda RB

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya