Comscore Tracker

Pakai Kemeja Putih, Jokowi Bertemu Presiden Zelenskyy di Ukraina

Belum ada keterangan terkait pertemuan tersebut

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, Rabu (29/6/2022) pukul 15.00 waktu setempat. Pertemuan berlangsung di Istana Marynsky, Kyiv, Ukraina.

Dalam kunjungan itu, Jokowi disambut langsung Zelenskyy di depan pintu masuk istana. Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Sedangkan, Zelenskyy mengenakan pakaian serba hijau.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi ditemani Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Saat ini, belum ada keterangan dari Jokowi terkait pertemuan tersebut.

Baca Juga: Potret Jokowi Naik Kereta Api dari Polandia ke Ukraina

1. Presiden Jokowi kunjungi apartemen yang rusak akibat perang di Ukraina

Pakai Kemeja Putih, Jokowi Bertemu Presiden Zelenskyy di UkrainaJokowi kunjungi Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelum bertemu dengan Zelenskyy, Jokowi terlebih dahulu mengunjungi Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina. Apartemen ini sudah porak poranda akibat perang antara Rusia dan Ukraina.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan bantuan obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv.

"Tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit yang korban dari peperangan," ujar Jokowi dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan bantuan untuk rekonstruksi rumah sakit. Ibu Negara, Iriana Joko Widodo yang ikut mendampingi juga berharap perang segera berakhir.

"Dengan bismillah saya mendampingi Bapak, moga-moga peperangan ini segera berakhir, karena sangat merinding saya melihat," katanya.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Apartemen Porak Poranda di Ukraina, Iriana Merinding

2. Jokowi naik kereta api dari Polandia ke Ukraina

Pakai Kemeja Putih, Jokowi Bertemu Presiden Zelenskyy di UkrainaPotret Jokowi naik kereta api dari Polandia ke Ukraina (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi setelah lawatan dari Jerman, melanjutkan berkunjung ke Ukraina. Jokowi memilih terbang menuju ke Polandia, karena alasan keamanan.

Dari Polandia, Jokowi melanjutkan perjalanan melalui jalur darat dengan menumpangi kereta api. 

Konfirmasi keberangkatan dengan menumpang kereta api disampaikan Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, melalui akun media sosialnya.

"Bismillah, Presiden Jokowi dalam perjalanan ke Polandia dengan pesawat. Setelah itu, langsung menuju ke Ukraina dengan menggunakan kereta api selama 12 jam," ujar Pramono di unggahan media sosialnya. 

Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan selama di Kiev, Jokowi akan bertemu Presiden Volodymyr Zelenskyy.

3. Jokowi melanjutkan lawatan ke Rusia

Pakai Kemeja Putih, Jokowi Bertemu Presiden Zelenskyy di UkrainaPotret Jokowi naik kereta api dari Polandia ke Ukraina (dok. Sekretariat Presiden)

Usai sehari di Ukraina, mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian bakal bertolak ke Moskow, Rusia. 

"Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden Zelenskyy dan Presiden Putin untuk menjalankan misi perdamaian. Presiden Jokowi selalu mengecek setiap kegiatan dengan detail, termasuk perjalanan ke Ukraina dan Rusia dalam rombongan yang jumlahnya sangat terbatas," kata Pramono. 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya