PAN Umumkan Nama Capres, PPP: Biarin Saja

PAN dan PPP sudah tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa, menanggapi santai terkait dengan Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah mengumumkan sejumlah nama untuk dijadikan capres di pemilu 2024. PAN dan PPP bersama Golkar saat ini masuk dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Kalau itu kan bukan KIB, biarin saja PAN. Saya kira nanti KIB akan bicarakan antara kami bertiga," ujar Suharso di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: Puan dan Ganjar Masuk Daftar Bakal Capres 2024 PAN

1. KIB masih bicarakan program

PAN Umumkan Nama Capres, PPP: Biarin SajaBeberapa elit partai politik turut hadir dalam KIB, di antaranya Menko Luhut Binsar Pandjaitan, dan Hatta Rajasa. (IDNTimes/Melani Putri)

Suharso menjelaskan, partai politik yang tergabung dalam KIB masih membahas mengenai program kerja. Sehingga, belum ada kesepakatan yang muncul terkait capres.

"Kita masih bicara soal program, tuan rumahnya PPP, kita akan bikin di Semarang, nanti setelah itu baru kita akan mengumumkan atau kita akan chapter lain, termasuk salah satunya soal presiden," ucap dia.

Baca Juga: Zulhas: Meski Sudah Rakernas, Capres Jadi Pengumuman Terakhir di KIB

2. Ada 9 nama capres dari PAN

PAN Umumkan Nama Capres, PPP: Biarin SajaKonser dalam rangkaian Rakernas PAN di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/8/2022) (IDN Times/Uni Lubis)

Sebelumnya, pada Sabtu (27/8/2022) ada sembilan nama yang diumumkan masuk dalam radar PAN sebagai capres 2024 usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Istora Senayan, Jakarta. Nama-nama capres itu dibagi ke dalam sejumlah klaster.

Berikut rinciannya:

A. Klaster politik
- Ketua Umum PAN (Zulkifli Hasan)
- Ketua Umum PPP (Suharso Monoarfa)
- Ketua Umum Golkar (Airlangga Hartarto)
- Ketua DPP PDI Perjuangan (Puan Maharani)

B. Klaster teknokrat/menteri
- Menteri BUMN (Erick Thohir)

C. Klaster kepala daerah
- Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo)
- Gubernur DKI Jakarta (Anies R. Baswedan)
- Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil)
- Gubernur Jawa Timur (Khofifah Indar Parawansa)

3. Nama Puan sempat disoraki

PAN Umumkan Nama Capres, PPP: Biarin SajaKetua DPR Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Nama Puan sempat disoraki oleh sejumlah kader PAN. Sorakan 'huu' itu terdengar ketika Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut Puan Maharani sebagai salah satu capres PAN.

Respons berbeda justru terlihat ketika nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dibacakan. Kader PAN di Istora Senayan justru bertepuk tangan riuh. Zulhas pun menghormati siapa saja yang diusulkan oleh kader PAN di daerah.

"Saya kira responsnya sama. Kami menghormati semua kandidat yang ada. Mereka semua sama terhormatnya," ungkap Zulhas yang ditemui usai rakernas PAN.

Ia mengatakan sembilan nama yang muncul di rakernas belum mencerminkan keputusan akhir PAN. Sembilan nama itu baru sebatas usulan dari kader di daerah dan disampaikan di rakernas.

Menurut Zulhas, semua nama itu baru diterima di rakernas nanti. "Kami akan bahas pada saatnya. Jadi, belum diputuskan oleh rakernas," tutur dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya