Pansus IKN Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru ke Kaltim Pekan Depan

Pansus IKN juga akan dialog dengan tokoh masyarakat setempat

Jakarta, IDN Times - Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (Pansus IKN) akan berangkat ke Kalimantan Timur (Kaltim) untuk melihat lokasi. Rencana tinjauan itu akan dilakukan pada 10 Januari 2022 mendatang.

"Tanggal 10 memang kita ada rencana ke Kaltim untuk cek lokasi. Apalagi kan ada berita-berita di sana banjir dan sebagainya, perlu kita cek secara fisik ke sana. Kondisinya seperti apa, memungkinkan atau tidak. Jadi nanti kita akan lihat secara fisik," ujar Wakil Ketua Pansus RUU IKN Saan Mustopa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/1/2/2022).

Baca Juga: DPR Bahas RUU IKN soal Frasa Pemerintahan Daerah Khusus IKN 

1. Pansus IKN juga akan dialog bersama tokoh masyarakat

Pansus IKN Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru ke Kaltim Pekan DepanDesain final Istana IKN oleh Nyoman Nuarta (instagram.com/nyoman_nuarta)

Selain melihat kondisi calon Ibu Kota, Pansus IKN juga akan melakukan dialog bersama tokoh masyarakat setempat dan para pakar. Tujuannya agar terjalin komunikasi yang baik.

"Jadi konsultasi publik ini nanti kita akan ke kampus-kampus di bagi ada di wilayan timur, tengah, barat. Jadi kita tanya ke Kalimantan-nya kita ke mana, timurnya ke mana, baratnya ke mana," katanya.

Baca Juga: 5 Anggota DPR Studi Banding IKN ke Kazakhstan Saat Kasus Omicron Naik

2. 5 anggota DPR studi banding IKN ke Kazakhstan saat kasus Omicron naik

Pansus IKN Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru ke Kaltim Pekan DepanGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Sebelumnya, sejumlah anggota DPR yang tergabung di dalam Panitia Khusus RUU Ibu Kota Negara dan pejabat Bappenas melakukan studi banding ke Kazakhstan. Menurut informasi, kunjungan kerja (kunker) ke Kazakhstan itu berlangsung pada 2-5 Januari 2022.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad membenarkan, sejumlah koleganya berangkat ke Nur Sultan, Kazakshtan. Meski hal tersebut juga mengabaikan imbauan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang pernah meminta agar WNI membatasi diri ke luar negeri di tengah lonjakan kasus Omicron.

"Itu kan DPR hanya mendampingi dalam hal ini bersama Bappenas, berangkat untuk studi ke daerah Kazakhstan yang sudah lebih dulu memindahkan ibu kota," ujar Dasco di kompleks parlemen Senayan, Senin 3 Januari 2022.

Ia mengatakan, tak semua anggota parlemen yang tergabung di dalam Pansus RUU IKN yang berangkat ke Kazakshtan.

"Dari 56 anggota pansus yang disahkan oleh paripurna, yang terdiri dari 30 anggota tetap dan 26 anggota pengganti, itu hanya 5 orang yang berangkat. Jadi, yang berangkat bersama Bappenas hanya 5 orang," kata politikus Partai Gerindra itu.

Ketika ditanyakan lebih lanjut, Dasco mengaku tidak tahu siapa saja kelima anggota DPR yang ikut rombongan Bappenas ke Kazakhstan. Namun menurut informasi, jumlah anggota parlemen yang ikut kunker mencapai 9 orang yakni Zulfikar Arse Sadikin (Golkar), G. Budisatrio Djiwandono (Gerindra), Syarief Abdulah Alkadrie (Nasdem), Yanuar Prihatin (PKB), Moh Rano Alfatih (PKB), Hinca Panjaitan (Demokrat), Sartono (Demokrat), Hamid Noor Yasin (PKS), dan Andi Yuliani Paris (PAN).

3. Rapat Bamus membolehkan anggota DPR ke luar negeri bila mengemban tugas negara

Pansus IKN Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru ke Kaltim Pekan DepanIDN Times/Kevin Handoko

Dasco mengakui, saat ini pemerintah memang membatasi kunjungan ke luar negeri lantaran mayoritas kasus Omicron merupakan kasus impor. Tetapi, perjalanan Kazakhstan diklaim diberi pengecualian di dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus). Sebab, perjalanan ke Kazakhstan sudah disepakati bersama dan menjadi agenda Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN).

"Mereka kan mewakili anggota pansus lainnya dan jumlahnya dibatasi," ungkap Dasco.

Kazakhstan dianggap sebagai tempat yang pas untuk melakukan studi banding, karena mereka dianggap sukses memindahkan ibu kota dari Almaty ke Astana yang kini disebut Nur Sultan pada 1997 lalu.

Baca Juga: Ketua Pansus Targetkan Pembahasan RUU IKN Rampung Awal 2022

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya