Partai Buruh Targetkan 15-20 Kursi di DPR pada Pemilu 2024

Partai Buruh targetkan bisa lolos parliamentary threshold

Jakarta, IDN Times - Presiden Partai Buruh Saiq Iqbal mengatakan, pihaknya menargetkan partainya bisa lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

"Target Partai Buruh adalah lolos parliamentary threshold, 12-15 kursi di DPR," ujar Said dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/10/2021).

Said mengklaim, partainya memiliki basis buruh, petani, nelayan, guru honorer, driver ojek online, dan sejumlah bidang pekerjaaan lain yang berlabel karyawan hingga rakyat jelata.

Diketahui, Partai Buruh mendeklarasikan diri siap kembali bangkit pada 4-5 Oktober 2021. Partai ini dimotori Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Saiq Iqbal.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Kepengurusan Partai Buruh di Tingkat Nasional

1. Partai Buruh klaim bakal menang pilkada di daerah industri

Partai Buruh Targetkan 15-20 Kursi di DPR pada Pemilu 2024Presiden Partai Buruh, Said Iqbal saat bicara di Kongres Partai Buruh, Selasa (5/10/2021)

Said mengklaim partainya dapat memenangkan pemilihan kepada daerah (pilkada) di daerah dengan basis buruh. Dia menyebut, Partai Buruh bisa menang di 5-10 pilkada bupati atau wali kota.

"Ada beberapa daerah, yakin kami jadi (pemenang). (Pemilihan) bupati atau wali kota Bekasi, Depok, Tangerang, Karawangan, Pasuruan Batam, kami yakin bisa menempatkan bupati/wali kota di daerah basis buruh," ucapnya.

Baca Juga: Partai Buruh Segera Serahkan Daftar Kepengurusan-AD/ART ke Kemenkumham

2. Partai Buruh segera serahkan daftar kepengurusan dan AD/ART ke Kemenkumham

Partai Buruh Targetkan 15-20 Kursi di DPR pada Pemilu 2024Gedung Kemenkumham (IDN Times/Dimas)

Selain itu, Said mengaku segera menyerahkan daftar kepengurusan dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Kemenkumham akan melakukan verifikasi persyaratan menjadi partai politik.

"Susunan pengurus ini dan AD/ART Partai Buruh, jadi ada dua, susunan pengurus di tingkat nasional, dan AD/ART Partai Buruh hasil kongres yang lalu akan dilaporkan ke Kemenkumham dalam bentuk akta notaris," katanya.

Said menerangkan, bila kepengurusan dan AD/ART sudah diverifikasi Kemenkumham, Partai Buruh bisa ikut mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kami kan partainya tidak perlu diverifikasi administrasi dan faktual oleh Kemenkumham, kami partai yang sudah ada yang dilanjutkan atau dibangkitkan lagi," katanya.

Said mengatakan, Partai Buruh akan menyerahkan struktur kepengurusan dan AD/ART pada 14 Oktober 2021. Dia berharap Kemenkumham sudah mengeluarkan SK untuk Partai Buruh pada 25-26 Oktober 2021.

Setelah mendapat SK dari Kemenkumham, kata Said, Partai Buruh akan mendaftar ke KPU pada 2022. Meski demikian, waktu pendaftaran parpol yang akan ikut pemilu 2024 belum ditentukan.

3. Kepengurusan Partai Buruh di daerah

Partai Buruh Targetkan 15-20 Kursi di DPR pada Pemilu 2024Pelantikan pengurus Partai Buruh, Selasa (5/10/2021)

Said juga menyebutkan mengenai jumlah pengurus Partai Buruh di tingkat provinsi sudah terisi 100 persen. Sedangkan tingkat kabupaten/kota sudah terisi rata-rata 80 persen. Kemudian di tingkat kecamatan sudah 40 persen.

Menurutnya, syarat KPU adalah tingkat pengurus partai di kecamatan sebanyak 50 persen di kabupaten/kota.

"Jumlah kecamatan 7.242, yang diminta KPU 50 persen. Berarti 3.621 kecamatan harus terisi, Partai Buruh sudah berapa? Sekarang sudah 1.650 kecamatan atau rata-rata sudah terpenuhi 40 persen," klaim Said.

Baca Juga: Sudah Ada Partai Buruh, Apakah Buruh Tetap Turun ke Jalan untuk Demo? 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya