Comscore Tracker

PBNU Bahas Jadwal Kepastian Muktamar ke-34 NU Pekan Depan

Rapat digelar 7 Desember 2021

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hari ini meminta doa kepada para kiai NU, dan menyampaikan surat resmi k Rais ‘Aam PBNU KH. Miftachul Akhyar untuk membahas soal kepastian tanggal Muktamar ke-34.

Mulanya, Muktamar ke-34 NU akan digelar pada 23-25 Desember 2021 di Lampung. Namun, tanggal tersebut terganjal karena adanya kebijakan dari pemerintah yang menetapkan PPKM level 3 di semua provinsi mulai 24 Desember 2021.

"Meskipun Munas & Konbes NU telah menutuskan penyelenggaraan Muktamar NU adalah tanggal 23-25 Desember, namun sehubungan dengan ketentuan PPKM level 3 yang diberlakukan pemerintah, maka kami taat kepada keputusan pemerintah dengan menentukan kembali jadwal Muktamar ke-34," ujar Sekjen PBNU, Ahmad Helmy Faishal Zaini dalam keterangannya, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Sekjen PBNU Ungkap Tantangan Demokrasi Selama Pandemik

1. Rapat digelar 7 Desember 2021

PBNU Bahas Jadwal Kepastian Muktamar ke-34 NU Pekan DepanSekretaris Jendral (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Helmy Faishal. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Helmy menerangkan, rapat akan digelar pada 7 Desember 2021 mendatang. Dia menegaskan, rapat digelar dengan menggunakan protokol kesehatan ketat.

"Adapun Rapat Harian Syuriyah & Harian Tanfidziyah ini diusulkan diselenggarakan pada Hari Selasa, 7 Desember 2021 di Gedung PBNU," ucapnya.

2. Rais Aam PBNU perintahkan Muktamar NU 17 Desember, 27 PWNU mendukung

PBNU Bahas Jadwal Kepastian Muktamar ke-34 NU Pekan DepanKetua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar (nu.or.id)

Sebelumnya, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama PBNU, KH Miftachul Akhyar, mengeluarkan surat perintah agar PBNU menggelar muktamar ke-34 NU pada 17 Desember 2021 di Lampung. Tanggal tersebut maju dari sebelumnya yang sudah ditetapkan pada 23-25 Desember 2021.

Mengenai permintaan Rais Aam PBNU itu, 27 PWNU memberi dukungan. Dilansir ANTARA, Senin (29/11/2021), dukungan itu disampaikan saat mereka bertemu Kiai Miftach di Kantor PBNU, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Rais Aam PBNU Perintahkan Muktamar NU 17 Desember, 27 PWNU Mendukung

3. Daftar 27 PWNU yang memberikan dukungan

PBNU Bahas Jadwal Kepastian Muktamar ke-34 NU Pekan DepanIlustrasi Logo NU (Nahdlatul Ulama) (Dok. ANTARA News)

Adapun 27 PWNU yang memberikan dukungan antara lain dari Jawa Timur, Jawa Tengah,Yogyakarta, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan.

Kemudian Kalimantan Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat. Ketua Panitia Daerah Muktamar NU di Lampung, Moh Mukri mengatakan, pihaknya siap menjalankan muktamar pada 17-19 Desember 2021.

"Kami selaku panitia daerah sekaligus pimpinan wilayah NU bersama 27 wilayah provinsi, siap mendukung dan melaksanakan Muktamar ke-34 NU pada 17-19 Desember 2021 sesuai instruksi Rais Aam PBNU," kata Mukri.

Baca Juga: MUI DKI Bikin Cyber Army buat Bela Anies, PWNU: Melenceng dari Tugas!

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya