PDIP Gandeng Seniman Selamatkan Budaya Sunda yang Hampir Punah

PDIP ajak kerja sama seniman ISBI dan paguyuban lain

Bandung, IDN Times - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), TB Hasanuddin, mengaku mendapat perintah dari partainya untuk menyelamatkan budaya Sunda yang hampir punah. TB Hasanuddin mengaku menggandeng seniman untuk melestarikan budaya yang hampir punah itu.

"Sesuai perintah partai melalui Pak Sekjen (Hasto Kristiyanto), dan kami mendapatkan koordinasi dan dukungan dari Ketua DPD Pak Ono, kami beserta saya sebut reng-rengan kalau dalam bahasa Sunda, seniman budayawan ditatar Sunda di Jawa Barat, kami akan terus meningkatkan seni budaya," ujar politikus yang akrab disapa TB itu di Bandung, Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga: Gibran Siap Maju Cagub, PDIP Masih Evaluasi Prestasinya

1. Ajak seniman di ISBI ikut terlibat

PDIP Gandeng Seniman Selamatkan Budaya Sunda yang Hampir PunahAnggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, TB Hasanuddin (IDN Times/Ilman)

Dalam kesempatan itu, TB mengajak bekerja sama seniman yang ada di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung hingga paguyuban, untuk terlibat menyelamatkan budaya Sunda yang hampir punah.

"Karena apa? Seni dan budaya itu tidak bisa dipisahkan dari karakter bangsa, begitu," ucap dia.

Baca Juga: PDIP Sudah Beri Masukan Jokowi soal Menteri yang Bisa Direshuffle

2. Ada pencak silat khas Sunda yang hampir punah

PDIP Gandeng Seniman Selamatkan Budaya Sunda yang Hampir PunahIlustrasi Pencak Silat (ANTARA FOTO/INASGOC/Melvinas Priananda)

TB menyebut ada sejumlah pencak silat khas Sunda yang hampir punah. Karena itu, dia kerap menggelar kegiatan pasanggiri pencak silat dan pencak silat tradisional yang ada ribuan di pedesaan.

"Kami akan siap memfasilitasinya," kata dia.

3. Kesenian tari juga harus diselamatkan

PDIP Gandeng Seniman Selamatkan Budaya Sunda yang Hampir PunahIlustrasi tarian adat (IDN Times /Ervan Masbanjar)

selain itu, TB juga mengaku ingin menggali kembali seni tari yang dianggap sudah keluar dari pakemnya. Kemudian pantun juga akan digalakan kembali.

"Misalnya saja Ronggeng Gunung, itu akan kita gali semua untuk kita berdayakan, kita akan bekerja sama dengan TVRI, RRI dan lembaga-lembaga lain," imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya