Penjelasan BMKG soal Petir Menyambar Sirkuit Mandalika

Petir terjadi karena ada awan cumulonimbus

Jakarta, IDN Times - Sejumlah peristiwa terjadi saat Sirkuit Pertamina Mandalika menggelar balapan MotoGP pada Minggu (20/3/2022). Salah satu momen yang menjadi pembicaraan yakni petir menyambar Sirkuit Mandalika.

Peristiwa itu juga turut diunggah oleh akun Twitter resmi MotoGP. Koordinator Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Hendra Suwarta Suprihatin mengatakan petir yang terjadi di Mandalika karena saat itu terjadi hujan deras dan ada awan cumulonimbus (CB).

"Karena saat itu di sana hujan deras, kemudian awannya CB, itu normal saja kalau terjadi petir," ujar Hendra kepada IDN Times, Senin (21/3/2022).

Baca Juga: Momen Seram Petir Menyambar Sirkuit Mandalika

1. Petir menyambar ke tempat terbuka dan basah

Penjelasan BMKG soal Petir Menyambar Sirkuit MandalikaIlustrasi Petir (IDN Times/Mardya Shakti)

Hendra menjelaskan, petir biasanya menyambar ke area yang terbuka dan basah. Dia menegaskan, petir tak selamanya menyambar area yang tinggi.

"Tempat basah itu kan aliran listri terbagus, kalau basah kemudian ada kabel listrik ke basah itu, kita pasti kena, dan itu juga petir, petir itu mencari ke tempat basah," katanya.

Lebih lanjut, Hendra mengaku tak mengetahui secara pasti apakah di Sirkuit Mandalika ada penangkal petir atau tidak. Meski demikian, kata Hendra, petir bisa saja lolos meski di daerah tersebut ada penangkalnya.

"Tapi toh kalau ada (penangkal petir) bisa saja kan nyambar kena ketarik penangkal petir, tapi bisa saja ada yang terlewat ke lapangan terbukanya," ucapnya.

Baca Juga: BMKG Perkirakan Hujan dan Petir saat MotoGP Berlangsung di Mandalika

2. Momen seram petir menyambar Sirkuit Mandalika

Penjelasan BMKG soal Petir Menyambar Sirkuit MandalikaIDN Times/Sukma Shakti

MotoGP Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika, Minggu (20/3/2022), sempat diwarnai sebuah insiden menegangkan. Ketika hujan mengguyur, petir menyambar salah satu sudut sirkuit.

Insiden itu terjadi sebelum balapan. Ketika sirkuit masih kosong, dan semua rider sedang menunggu hujan reda untuk memulai balapan, petir tersebut menyambar. Kejadian itu tak luput dari rekaman kamera tim MotoGP. Mereka pun mengunggah momen tersebut di akun Twitternya @MotoGP.

"Beruntung, cuaca menjadi sejuk dan membuat kami bisa membalap!" begitu cuitan @MotoGP.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Ketua DPR Korsel di Bali Usai Nonton MotoGP

3. Jadi bahan candaan warganet

Penjelasan BMKG soal Petir Menyambar Sirkuit MandalikaIlustrasi cuaca ekstrem. IDN Times/Mardya Shakti

Warganet pun bereaksi atas unggahan tersebut. Ada yang berkomentar kalau suasana bisa stabil karena jasa dari sang pawang, Rara.

Lainnya, malah berguyon kalau petir tersebut sebenarnya merupakan portal buat Thor datang ke Mandalika.

"Is this Wakanda?" begitu cuitan @katuhukenca sambil menyematkan foto suntingan berisikan Thor di dalam petir tersebut.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya