Penjelasan NasDem soal Surya Paloh Siap Out Bila Suara di DPR Buruk

Pengurus DPP NasDem siap ikut komando Surya Paloh

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, sempat menyatakan siap out atau keluar apabila perolehan suara partainya di DPR buruk.

Ketua DPP NasDem, Willy Aditya, mengatakan, pernyataan Paloh itu tidak main-main dan bentuk optimisme dalam meraih suara pada Pemilu 2024.

"Itu bentuk optimisme beliau. Kapan Bang Surya main-main dengan omongan beliau? Bang Surya gak pernah main-main dengan omongan beliau," ujar Willy kepada wartawan, Minggu (13/11/2022).

Willy mengatakan, Surya Paloh tahu kapan harus maju dan mundur dalam melakukan strategi politik.

Baca Juga: Surya Paloh: Tak Ada Alasan NasDem Keluar Koalisi Pemerintahan Jokowi

1. Pengurus DPP NasDem akan satu komando dengan Surya Paloh

Penjelasan NasDem soal Surya Paloh Siap Out Bila Suara di DPR BurukKetua DPP NasDem Willy Aditya di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (9/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Willy menegaskan, pengurus DPP NasDem akan satu komando dengan Surya Paloh. Hal itu dilakukan sebagai bentuk soliditas partai.

"Saya sebagai kader, sebagai pasukan Bang Surya sangat percaya dengan apa yang dikatakan Bang Surya. Kami semua terpimpin di bawah Bang Surya dan akan merealisasikan apa yang menjadi target Bang Surya," ucap dia.

Baca Juga: SMRC: Suara Anies Merata ke Parpol, Belum Tertuju ke NasDem

2. Pernyataan Surya Paloh bukan menunjukkan hal yang pesimistis

Penjelasan NasDem soal Surya Paloh Siap Out Bila Suara di DPR BurukKetua DPP NasDem Willy Aditya. (IDNTimes/Tata Firza)

Lebih lanjut, Willy menegaskan, pernyataan Surya Paloh itu bukan menunjukkan hal pesimistis. Dalam melakukan strategi politik, kata dia, NasDem selalu melakukan kalkulasi berdasarkan data.

"NasDem sudah menghitung secara detail karena NasDem menggunakan scientific approach yang tidak generik, maka kami mencoba menghitung itu secara presisi dan ekspresi ucapan Pak Surya. Satu, optimisme capaian NasDem. Kedua, tentu kami sudah melakukan kalkulasi secara lebih detail," kata dia.

Baca Juga: Sekjen PDIP: Surya Paloh Lebih Suka Peluk Anies Daripada Jokowi

3. Pernyataan Surya Paloh soal out bila perolehan suara NasDem buruk

Penjelasan NasDem soal Surya Paloh Siap Out Bila Suara di DPR BurukKetum Nasdem, Surya Paloh. (youtube.com/CSIS Indonesia)

Diketahui, Surya Paloh mengaku siap out apabila perolehan suara NasDem buruk pada Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Surya Paloh dalam acara HUT ke-11 NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (11/11/2022).

"Pada HUT NasDem ke-11, sebagai nakhoda kapal ini saya ingin menyatakan, saya ingin mengoptimalkan kepemimpinan saya dalam membawa partai ini berhasil mencapai satu lompatan yang jauh dan besar pada Pemilu 2024," kata Paloh.

"Kalau saja, ini perlu dicatat, jangankan menurun atau tidak lulus presidential threshold, tidak ada tambahan angka kursi parlemen satupun, itu artinya nahkoda yang berbicara ini sudah tidak layak lagi memimpin NasDem. Saya sudah katakan kalau tidak ada tambahan kursi, itu artinya nahkodanya out," imbuhnya.

Baca Juga: Demokrat Sebut Butuh Waktu untuk Berkoalisi dengan NasDem

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya