Peringati HUT Ke-76 RI, Menag Yaqut: Allahu Akbar, Merdeka!

Yaqut mengatakan kemerdekaan harus ditopang dengan kerukunan

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI. Yaqut mengajak perayaan HUT RI pada masa pandemik COVID-19 digelar secara sederhana.

"Kemerdekaan adalah hak mendasar bagi setiap manusia. Kemerdekaan harus dijamin dalam hidup kemasyarakatan, terutama dalam hidup berbangsa dan bernegara,” ujar Yaqut dalam keterangan tertulis, Senin (16/8/2021).

Baca Juga: 10 Lagu Wajib Nasional yang Sering Dinyanyikan di HUT Kemerdekaan 

1. Kemerdekaan harus ditopang dengan kerukunan

Peringati HUT Ke-76 RI, Menag Yaqut: Allahu Akbar, Merdeka!Ilustrasi Merdeka (IDN Times/Mardya Shakti)

Yaqut mengatakan kemerdekaan yang telah diraih dengan darah perjuangan harus ditopang dengan kerukunan. Hal itu bisa dilakukan dengan mengeratkan rasa persaudaraan.

Menurut Menag, peran tokoh agama sangat penting dalam merekatkan kerukunan antar-masyarakat. Peran tokoh agama juga diharapkan dapat menjaga persatuan, kesatuan dan kohesi umat.

"Negeri ini semakin dewasa, bergerak maju untuk menjadi bangsa yang terus tumbuh dan semakin tangguh," ucap Yaqut.

2. Pandemik ajarkan rasa senasib dan sepenanggungan

Peringati HUT Ke-76 RI, Menag Yaqut: Allahu Akbar, Merdeka!Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Menag mengatakan, pandemik COVID-19 yang saat ini melanda dunia mengajarkan arti senasib sepenanggungan. Selama masa pandemik, kata dia, rasa solidaritas perlu ditingkatkan.

"Pandemik yang saat ini mendera, mengajarkan kita tentang pentingnya perasaan senasib dan persamaan hak, serta penguatan solidaritas dan gotong royong dalam mengatasinya,” katanya.

3. Ajak masyarakat terus displin 5M

Peringati HUT Ke-76 RI, Menag Yaqut: Allahu Akbar, Merdeka!Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam Pengumuman Keputusan Bersama tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut di Lingkungan Sekolah (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Tak lupa, Yaqut mengajak semua elemen masyarakat untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan). Dia berharap, pada peringatan HUT ke-76 RI, pandemik COVID-19 segera berakhir.

“Selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Allahu akbar. Merdeka!” katanya.

Baca Juga: Sejarah Detik-detik Pembacaan Proklamasi di Halaman Rumah Bung Karno

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya