Perpanjang PPKM, Pemerintah Selamatkan Nyawa Rakyat atau Ekonomi?

Pemerintah diminta dengar masukan berbagai pihak soal PPKM

Jakarta, IDN Times - Masa perpanjangan PPKM level 4 berakhir hari ini, Minggu (25/7/2021). Lalu, apakah pemerintah akan memperpanjang masa PPKM level 4 kembali?

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDIP, Rahmad Handoyo mengatakan ada sejumlah indikator untuk menentukan perpanjangan PPKM level 4. Indikator itu diperoleh dari beberapa evaluasi.

Menurutnya, angka kematian karena kasus COVID di Indonesia saat ini masih tinggi. Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur pasien COVID-19 di rumah sakit juga masih tinggi.

1. Minta pemerintah lindungi nyawa rakyat Indonesia

Perpanjang PPKM, Pemerintah Selamatkan Nyawa Rakyat atau Ekonomi?Seorang pekerja mengangkat air galon saat pemberlakuan PPKM di kawasan Blok M Jakarta, Rabu (21/7/2021) (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Atas beberapa evaluasi tersebut, Rahmad meminta kepada pemerintah untuk melindungi nyawa rakyat Indonesia. Meskipun, dalam memperpanjang PPKM level 4 yang dikorbankan adalah sektor ekonomi.

"Saya menyadari dari sisi ekonomi kontraksi begitu dalam, banyak yang sudah menjerit, tapi itu pilihan sulit yang harus diambil antara menyelamatkan nyawa atau kita memberikan satu kebebesan dalam bidang ekonomi, itu yang harus kita pikirkan bersama," katanya di Jakarta.

Baca Juga: Polisi: Pengamanan PPKM Level 4 dengan PPKM Darurat Sama

2. Segera salurkan bansos secara tepat sasaran

Perpanjang PPKM, Pemerintah Selamatkan Nyawa Rakyat atau Ekonomi?Personel polisi menyerahkan bantuan sembako kepada pengayuh becak saat patroli skala besar di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (23/7/2021) malam (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Bila pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM level 4, Rahmad menyarankan untuk segera menyalurkan bantuan sosial secara tepat sasaran. Bansos ini diharapkan dapat membantu ekonomi warga terdampak pandemik COVID-19.

Dia juga meminta masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan. Dengan disipilin prokes, dapat menghindari dari tertular virus corona.

"Dorong vaksinasi diperbanyak di spot-spot kelurahan, di RT, di desa juga kan banyak bidan desa, tiap desa diperbanyak target vaksinasi," katanya.

Baca Juga: Kemnaker Kumpulkan Kadisnaker Daerah PPKM Level 3 dan 4

3. Sebelum perpanjang PPKM level 4, pemerintah harus dengar masukan dari berbagai pihak

Perpanjang PPKM, Pemerintah Selamatkan Nyawa Rakyat atau Ekonomi?Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay (ANTARA/Dewanto Samodro)

Sementara, Anggota Komisi IX DPR Fraksi PAN, Saleh Daulay meminta kepada pemerintah untuk mendengar masukan dari berbagai pihak sebelum memperpanjang PPKM Darurat. Menurutnya, kombinasi evaluasi dan masukan itu penting dalam mengambil keputusan.

"Dari semua itu, ujungnya nanti dikembalikan kepada pemerintah. Sebab, pemerintahlah yang memiliki data status penanganan covid-19 di Indonesia. Pemerintah juga yang mengetahui dampak dari kebijakan tersebut terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat," kata Saleh.

Saleh juga mengingatkan kepada pemerintah untuk memastikan jaring pengaman sosial dalam bentuk bansos dapat berjalan dan tersalurkan sesuai yang membutuhkan. Faktanya, kata dia, tidak semua orang yang terdampak pandemik mendapat bansos.

"Subsidi dan bantuan sosial itu kan tidak di seluruh Indonesia. Hanya di daerah yang diberlakukan PPKM darurat atau PPKM level 4. Perhitungan terhadap hal ini juga harus dilakukan secara cermat. Harus dipastikan tidak ada masyarakat yang dilupakan," katanya.

 

Baca Juga: Wilayah Luar Jawa-Bali Siap Perpanjang PPKM Level 4

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya