Comscore Tracker

Pesan Ustaz Bachtar Nasir di Tahun Baru Islam: Jangan Malas karena WFH

Bachtiar juga berpesan pandemik adalah rahmat

Jakarta, IDN Times - Pimpinan AQL Islamic Center, Ustaz Bachtiar Nasir memberikan pesan pada umat Muslim pada perayaan Tahun Baru Islam 1443 Hijriah. Dia mengatakan pandemik COVID-19 merupakan masa seleksi bagi hamba yang bersungguh-sungguh dalam mencari rahmat Allah SWT.

"Masa pandemik adalah masa seleksi. Pandemik adalah rahmat untuk mereka yang sungguh-sungguh beriman, mencari rahmat Allah, tapi saat yang sama pandemik ini menjadi penghinaan kepada mereka yang kufur kepada nikmat rahmat seperti ini," ujar Bachtiar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/8/2021).

Dia berpesan kepada umat Islam untuk tidak malas. Terlebih, saat ini mayoritas masyarakat bekerja di rumah atau WFH pada masa pandemik. "Jangan jadi pemalas karena WFH," ucap Bachtiar.

Pesan tersebut disampaikan Bachtiar saat mengisi ceramah dalam peringatan AQL Islamic Center ke-13. Hari ulang tahun AQL Islamic Center ini diperingati setiap 1 Muharram.

Baca Juga: Pesan Menag Yaqut di Tahun Baru Islam 1443 Hijriah

1. Pesan Menag Yaqut pada Tahun Baru Islam 1443 Hijriah

Pesan Ustaz Bachtar Nasir di Tahun Baru Islam: Jangan Malas karena WFHMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (dok. Kemenag)

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas juga berpesan, khususnya pada umat Muslim yang tengah merayakan Tahun Baru Islam. Dia mengajak kepada masyarakat untuk memperkuat spirit hijrah.

"Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1443 H. Mari perkuat spirit hijrah dan semangat gotong royong dalam menghadapi pandemi COVID-19," ujar Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/8/2021).

2. Pesan Menag Yaqut di Tahun Baru Islam 1443 Hijriah

Pesan Ustaz Bachtar Nasir di Tahun Baru Islam: Jangan Malas karena WFHMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam Konferensi Pers Peresmian RSPJ Extensi Arafah Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Senin (19/7/2021). (youtube.com/Pertamedika Training)

Yaqut juga mengingatkan kepada umat Islam mengenai momentum hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah. Menurutnya hijrah bisa bermakna fisik dan atau sikap.

"Pandemik memaksa kita melakukan penyesuaian dan perubahan menuju kenormalan baru. Salah satu spirit Hijrah dalam konteks pandemi adalah terapkan prokes dan disiplin 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan)," ucapnya.

Tak hanya itu, Menag juga mengajak masyarakat untuk merayakan Tahun Baru Islam 1443 Hijirah secara sederhana. Sebab, saat ini pandemik COVID-19 masih terjadi di Indonesia.

"Semoga pandemi segera berakhir dan kita songsong masa depan yang lebih sehat dan maju," katanya.

3. Doa awal tahun

Pesan Ustaz Bachtar Nasir di Tahun Baru Islam: Jangan Malas karena WFHIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Doa awal tahun dibaca dengan berharap Allah SWT memberikan perlindungan, kesehatan, rezeki, jodoh, karier, keharmonisasi dan segala kebaikan lainnya, serta wafat dalam khusnul khatimah. Doa ini dibaca tiga kali.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

 

Baca Juga: Semangat Hijrah di Tahun Baru Islam, Jokowi Minta Rakyat Patuhi Prokes

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya