Comscore Tracker

Pesawat Jokowi Berputar di Langit Turki, Istana Akhirnya Buka Suara

Pesawat yang dipakai Jokowi sempat berputar 360 derajat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo saat ini sedang berada di Jerman untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7. Jokowi bersama rombongan bertolak ke Jerman pada Minggu (26/6/2022) lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pukul 10.36 WIB.

Sehari setelah Jokowi tiba di Jerman, beredar tangkapan layar yang menunjukkan pesawat Garuda Indonesia (GA1) yang digunakan orang nomor satu di Indonesia itu sempat berputar 360 derajat.

IDN Times mencoba melihat langsung menggunakan aplikasi flightradar24 pada Senin (27/6/2022), pukul 18.15 WIB. Hasilnya muncul pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA1 dengan rute Jakarta-Munich, Jerman.

Garis berwarna ungu muncul mengikuti jalur yang dilalui pesawat.

Baca Juga: Baru Tiba di Jerman, Presiden Jokowi Langsung Menyapa WNI

1. Berputar di perbatasan Iran-Turki

Pesawat Jokowi Berputar di Langit Turki, Istana Akhirnya Buka SuaraKonferensi pers Presiden Jokowi kunjungan kerja ke luar negeri (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Namun, sesampainya di perbatasan Iran-Turki, pesawat Garuda Indonesia GA1 berputar 360 derajat. Putaran itu berlangsung satu kali dan pesawat kembali berjalan lurus.

Beruntung, tak ada masalah berarti dalam penerbangan tersebut. Jokowi dan rombongan tiba di Munich pada Minggu (26/6/2022), pukul 18.40 waktu setempat.

Baca Juga: Terbang ke Eropa, Jokowi Akan Hadiri KTT G7 di Jerman 

2. Istana beri penjelasan

Pesawat Jokowi Berputar di Langit Turki, Istana Akhirnya Buka SuaraIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, menjelaskan mengapa pesawat yang ditumpangi Jokowi berputar 360 derajat. Bey mengatakan, hal itu berkaitan dengan waktu ketibaan di Munich.

"Agar kedatangan pesawat GIA-1 sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, pilot melakukan holding guna menyesuaikan waktu ketibaan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," ujar Bey kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

"Dan hal itu sudah dikomunikasikan dan disetujui Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono yang turut serta dalam penerbangan tersebut," sambungnya.

3. Jokowi tiba di Jerman disambut sejumlah WNI

Pesawat Jokowi Berputar di Langit Turki, Istana Akhirnya Buka SuaraPresiden Jokowi gunakan Pesawat Garuda saat kunjungan ke Jerman (dok. Sekretariat Presiden)

Diketahui, Jokowi tiba di Munich pada Minggu pukul 18.40 waktu setempat. Kedatangan Jokowi di Munich disambut oleh Menteri Urusan Eropa dan Internasional Negara Bagian Bavaria Melanie Huml, Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno beserta istri, dan Atase Pertahanan RI Kolonel Budi Wibowo beserta istri.

Setelah acara penyambutan di bandara, Jokowi beserta rombongan langsung menuju hotel untuk beristirahat. Di hotel, ada sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang juga sudah menunggu Jokowi.

Mereka memanggil nama Jokowi saat orang nomor satu di Indonesia itu lewat. "Pak Jokowi, Pak Jokowi," ujar WNI yang berkumpul seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin (27/6/2022).

Jokowi kemudian turun dari mobil untuk menyapa WNI yang menyambutnya. Di lokasi yang sama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga sudah menunggu kedatangan Jokowi.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya