Pesawat Latih TNI AL yang Jatuh Tak Punya Kursi Pelontar

Pesawat jatuh di selat Madura

Jakarta, IDN Times - Tim gabungan masih mencari pesawat latih milik TNI Angkatan Laut (AL) berjenis G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di Selat Madura. Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut, Laksda Dwika Tjahja, mengatakan pesawat latih itu tidak memiliki kursi pelontar sebagai penyelemat untuk pilot dan co-pilot.

"Jenis pesawat bonanza ini memang pesawat latih yang juga sebagai pesawat transport atau pesawat ringan yang tidak dilengkapi kursi lontar. Sehingga, memang secara desain tidak dilengkapi kursi lontar," ujar Dwika saat konferensi pers di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (7/9/2022).

Dwika menjelaskan, pesawat latih itu membawa dua kru. Pesawat diterbangkan oleh pilot Lettu Judistira Eka Permady dan co-pilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bhakti. Pada pukul 08.45 WIB, pesawat latih take off dari Bandara Juanda dengan rute Sub-(Armada) Loc Area-Sub.

Pukul 08.55 WIB, pesawat dinyatakan hilang kontak di perairan Selat Madura. Setelah itu, tim gabungan langsung melakukan pencarian.

"Sampai saat ini Tim SAR dari AL telah melibatkan beberapa KRI, Helikopter untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan," kata dia.

Baca Juga: Pesawat Latih TNI AL Jatuh di Selat Madura, 13 KRI Bantu Pencarian

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya