Pesawatnya Dikawal 3 Jet Tempur, Prabowo Menangis Bangga ke TNI AU

Peristiwa itu terjadi saat Prabowo kunker ke Jawa Timur

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Madiun, Jawa Timur, pada Jumat (8/7/2022) lalu. Saat kunjungan itu, Prabowo menggunakan pesawat VIP TNI Angkatan Udara (AU).

Ketika memasuki langit Landasan Udara (Lanud) Iswahyudi, Magetan, Jawa Timur, tiga jet tempur TNI AU, F-16, mendekati pesawat TNI AU yang membawa Prabowo.

Pilot pesawat tempur F-16 kemudian terhubung melalui radio dan menyampaikan salam.

Baca Juga: 5 Potret 3 Jet Tempur TNI AU F-16 Kawal Prabowo Saat Kunker ke Jatim

1. Ketika mendarat, Prabowo mengaku menangis bangga ke TNI AU

Usai mendarat, Prabowo mengaku menangis bangga terhadap TNI AU. Hal itu tersiar dalam potongan video yang diunggah akun Instagram @iindonesiaadilmakmur.

"Iam not joking, tadi saya pakai kacamata gelap, air mata saya keluar lihat Angkatan Udara saya, saya bangga sama kalian," kata Prabowo.

2. Pilot minta izin untuk kawal Prabowo

Pesawatnya Dikawal 3 Jet Tempur, Prabowo Menangis Bangga ke TNI AUTiga jet tempur F16 milik TNI Angkatan Udara (AU) kawal pesawat yang ditumpangi Prabowo Subianto ketika kunker ke Jawa Timur pada 8 Juli 2022. (Dokumentasi Kementerian Pertahanan)

Ada tiga jet tempur F-16 yang mengawal Prabowo selama berada di langit udara Madiun. Salah satu pilot jet tempur tersebut sempat memohon izin kepada Prabowo agar berkenan dikawal hingga mendarat di Landasan Udara Iswahjudi, Madiun.

"Mohon izin kepada yang terhormat, Menteri Pertahanan RI Bapak Prabowo Subianto beserta rombongan. Kami elang-elang muda Angkatan Udara dengan bangga mengucapkan selamat pagi dan selamat datang kepada Bapak Prabowo Subianto di wilayah Lanud Iswahjudi," ujar salah satu pilot tersebut seperti dikutip dari video yang dibagikan oleh Kementerian Pertahanan. 

"Kami AU siap untuk menjaga kedaulatan RI. Salam Swa Bhuwana Paksa!" kata pilot tersebut. 

Identitas jenis pesawat tempur itu terlihat dari kode registrasi yang tertera di ekor pesawat. Di dalam video itu, terekam ekor pesawat tercatat dengan nomor TS-1610. 

 

3. Prabowo bertekad bangun TNI AU yang unggul dan kuat

Pesawatnya Dikawal 3 Jet Tempur, Prabowo Menangis Bangga ke TNI AUTiga jet tempur F16 milik TNI Angkatan Udara (AU) kawal pesawat yang ditumpangi Prabowo Subianto ketika kunker ke Jawa Timur pada 8 Juli 2022. (Dokumentasi Kementerian Pertahanan)

Dikutip dari laman kemhan.go.id, kunjungan kerja Prabowo ke Madiun, diawali peninjauan ke Pangkalan TNI Angkatan Udara Iswahjudi. Dalam kunjungan ini, Prabowo menegaskan bertekad membangun TNI AU yang unggul dan kuat.

"Saya ingin TNI AU kita unggul dan kuat. Koopsudnas juga harus kuat menjaga wilayah yang sangat luas. Saya akan berbuat semaksimal mungkin membangun Angkatan Udara supaya kuat, unggul, dan menjadi kebanggaan seluruh bangsa," tegas Prabowo dalam sambutannya.

Saat berada di Lanud Iswahjudi, Prabowo menerima paparan tentang tugas pokok dan fungsi serta kesiapan Lanud Iswahjudi khususnya dalam pembinaan personel dan pengoperasian alutsista matra udara, serta meninjau hangar pesawat _static show_ T50, F16 dan Shukoi SU-30 di Skadron 14.

Prabowo juga memberikan pengarahan kepada Komandan Wing (Danwing), Komandan Skadron (Danskadron), para penerbang dan perwira Satuan Pemeliharaan (Sathar) Lanud Iswahjudi.

Pada kesempatan ini, Prabowo didampingi Staf Menhan Marsekal TNI (Purn) Imam Sufaat, Asisten Khusus Menhan Bidang Jemenhan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Staf Menhan Marsdya TNI (Purn) Hadiyan Sumintaadmadja, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono, dan Kabaranahan Kemhan Marsda TNI Yusuf Jauhari.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya