PM Malaysia ke Jokowi: Semasa Susah, RI Sambut Kami Sebagai Sahabat   

Anwar Ibrahim ajak Jokowi datang ke Malaysia

Bogor, IDN Times - Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim melakukan kunjungan kerja Indonesia. Anwar juga bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Bogor.

Usai pertemuan tertutup dengan Jokowi, Anwar menyampaikan rasa bangganya terhadap Indonesia.

"Semasa kami susah, Indonesia menyambut kami sebagai sahabat sejati. Kami tidak akan melupakan orang-orang yang membantu kita. Terima kasih kepada Pak Jokowi yang menerima saya sebagai keluarga besar," ujar Anwar dalam pernyataannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretaris Presiden, Senin (9/1/2023).

Baca Juga: Jokowi Telepon PM Malaysia Anwar Ibrahim, Ucapkan Selamat 

1. PM Malaysia minta berinvestasi dengan proyek IKN

PM Malaysia ke Jokowi: Semasa Susah, RI Sambut Kami Sebagai Sahabat   Desain Istana IKN oleh Nyoman Nuarta (instagram.com/nyoman_nuarta)

Dalam kesempatan itu, Anwar mengaku negaranya berminat untuk berinvestasi dengan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Kami akan ambil pendekatan yang positif agar pertumbuhan IKN memberi manfaat juga bagi Sabah dan Serawak," kata dia.

Baca Juga: Anwar Ibrahim Lolos dari Mosi Tidak Percaya Parlemen Malaysia 

2. PM Malaysia tak ingin isu PMI membuat renggang hubungan Indonesia dan Malaysia

PM Malaysia ke Jokowi: Semasa Susah, RI Sambut Kami Sebagai Sahabat   Presiden Jokowi sambut PM Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor, Senin (9/1/2023). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Anwar mengatakan, isu pekerja migran Indonesia (PMI) yang menjadi permasalahan, diharapkan tak membut kedua negara renggang.

"Masalah TKI ini yang menggores perasaan saudara-saudara kita di Indonesia. Awal 2020 hukum cambuk dihentikan. Tapi tak cukup itu, kami pastikan terkait agen tenaga kerja jangan ambil kesempatan ini," ucap dia.

3. Anwar Ibrahim undang Jokowi ke Malaysia

PM Malaysia ke Jokowi: Semasa Susah, RI Sambut Kami Sebagai Sahabat   Presiden Jokowi sambut PM Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor, Senin (9/1/2023). (dok. Sekretariat Presiden)

Selain itu, masalah perbatasan negara antara Malaysia dan Indonesia juga akan diteliti lebih lanjut. Hal itu dilakukan juga untuk mencegah adanya keranggangan antara kedua negara.

Anwar kemudian mengajak Jokowi berkunjung ke Malaysia.

"Saya berharap bapak berkunjung ke Malaysia secepatnya," imbuhnya.

Baca Juga: Anwar Ibrahim Tolak Gaji PM dan Mobil Dinas Mewah

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya