Polri Akan Ganti Warna Seragam Satpam, Anggota DPR Minta Tak Diubah

Seragam Satpam warna cokelat bisa bantu disiplinkan warga

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berencana kembali mengubah warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam) menjadi warna krem. 

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Gerindra, Habiburokhman, mengatakan warna yang saat ini digunakan oleh seragam Satpam sudah pas.

"Jadi sebetulnya menurut saya bagus sekali seragam satpam yang saat ini, kan kalau kultur kita, kultur hukum kita belum ada kesadaran masyarakat mematuhi hukum, jika tidak melihat aparat penegak hukumnya," ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

1. Bisa tingkatkan kepatuhan masyarakat

Polri Akan Ganti Warna Seragam Satpam, Anggota DPR Minta Tak DiubahAnggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra, Habiburokhman (Youtube.com/DPR RI)

Habiburokhman mengatakan, baju satpam mirip seragam polisi itu bisa meningkatkan kepatuhan masyarakat. Dia mencontohkan soal patung polisi yang berada di pinggir jalan, secara tak langsung membuat masyarakat patuh berlalu lintas.

"Contoh, jangankan seragam satpam kita bikin mirip polisi, itu polisi di mana-mana bikin patung, patung mobil, patung polisi supaya orang berhati-hati, iya kan. Banyak kan kalau Anda lihat ke luar kota di pinggir-pinggi jalan patung polisi," ucapnya.

"Jadi yang dari batu saja kita bikin mirip polisi, kenapa gak, dengan banyaknya orang berseragam yang mirip dengan polisi, pelaku kejahatan juga pasti atau masyarakat yang melihatnya pasti lebih hati-hati untuk mencegah orang melakukan kejahatan," sambungnya.

Baca Juga: 10 Reaksi Netizen Sulit Bedakan Seragam Satpam dengan Polisi

2. Jangan buru-buru ganti warna seragam satpam

Polri Akan Ganti Warna Seragam Satpam, Anggota DPR Minta Tak DiubahSeragam satpam kini mirip pakaian dinas polri (Dok. IDN Times/Istimewa)

Secara terpisah, anggota Komisi II DPR RI Fraksi Demokrat, Santoso, meminta Polri untuk tidak buru-buru mengganti warna seragam Satpam. Menurutnya, hal itu bisa membebani petugas Satpam dengan membeli seragam baru.

"Jangan bebani masyarakat dan dunia usaha dengan pembelian seragam Satpam yang baru digunakan. Pandemik COVID-19 ini menyebabkan masyarakat kesulitan dalam hal ekonomi," kata Santoso.

3. Seragam Satpam warna cokelat bisa timbulkan efek positif untuk Polri

Polri Akan Ganti Warna Seragam Satpam, Anggota DPR Minta Tak DiubahApel Satpam pengawas Peduli Lindungi di Bali. (IDN Times/Ayu Afria)

Santoso mengatakan, seragam Satpam berwarna cokelat ini bisa memberi efek positif bagi Polri. Misalnya, bisa mengurangi kejahatan karena menganggap ada polisi di setiap sudut daerah.

"Apalagi jumlah anggota Polri dengan perbandingan jumlah penduduk belum ideal, maka terobosan Polri dalam rangka mengurangi tingkat kejahatan sangat diperlukan, salah satunya dengan kesamaan seragam Satpam dengan Polri," imbuhnya.

Baca Juga: Bikin Bingung, Polri Akan Ubah Seragam Satpam Jadi Warga Krem

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya