PPP Sebut Bakal Ada Parpol Lain Gabung KIB

Saat ini ada tiga parpol yang ada di dalam KIB

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa, mengatakan bakal ada partai politik lain yang akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun, dia tak menjelaskan parpol mana yang akan bergabung.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada lagi," ujar Suharso di Istana Kepresidenan, Rabu (15/6/2022).

Saat ini, ada tiga parpol yang bergabung dalam KIB. Ketiganya yakni, Partai Golkar, PAN dan PPP.

Baca Juga: Hadir di KIB, Projo Ditanya Pendapat soal Capres-Cawapres 2024

1. Belum ada pembahasan capres di KIB

PPP Sebut Bakal Ada Parpol Lain Gabung KIBMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Suharso mengaku belum ada pembahasan terkait calon presiden (capres) di KIB. Dalam kesempatan itu, dia mengaku bersyukur Ketua Umum PAN, Zulkfili Hasan bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju menjadi Menteri Perdagangan.

"Kami bersyukur saja kalau beliau terpilih," katanya.

Baca Juga: PAN Respons Kemunculan Koalisi Semut Merah: Kami Tetap di KIB

2. Hadir di KIB, Projo ditanya pendapat soal Capres-Cawapres 2024

PPP Sebut Bakal Ada Parpol Lain Gabung KIBKetua Projo Budi Arie Setiadi (pojok kanan) menghadiri pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu di Jakarta, Sabtu (4/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Sebelumnya, ormas relawan pendukung Presiden Jokowi, Projo, pekan kemarin diundang dalam acara Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Ada tiga partai dalam koalisi tersebut yakni Golkar, PAN, dan PPP.

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, menceritakan awal mula Projo bisa diundang ke acara KIB. Dia mengatakan, Projo kerap melakukan komunikasi terkait masalah kebangsaan dan kerakyatan dengan semua elemen bangsa, salah satunya dengan partai politik.

"Kami kan bersahabat, berkomunikasi dengan seluruh elemen bangsa, termasuk partai politik, dalam hal ini Golkar, PAN dan PPP dan kami kebetulan secara pribadi berkomunikasi secara intensif dengan Ketua Umum Golkar, teman-teman Golkar yang lain seperti kolega saya Menpora, kemudian Pak Agus Gumiwang, Mba Nurul Arifin, banyak lah teman saya di Golkar dan sering bertukar pikiran banyak hal," ujar Budi Arie dalam acara Ngobrol Seru By IDN Times, Kamis (9/6/2022).

3. Diundang langsung oleh Airlangga

PPP Sebut Bakal Ada Parpol Lain Gabung KIBMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Karena komunikasi yang terjalin intensif itu, kata Budi, Projo diundang dalam acara KIB. Dia mengatakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengundang Projo secara langsung untuk hadir.

"Ya Pak Airlangga, Golkar, dan Mba Nurul (yang mengundang)," ucapnya.

Budi mengatakan, dalam acara tersebut belum ada pembicaraan soal calon presiden (capres) 2024. Namun, dalam pertemuan itu Projo ditanya pendapatnya terkait capres-cawapres 2024.

"Saya ditanya bagaimana soal capres dan cawapres, itu saya ikut arahan Pak Jokowi, kalau Projo sih. Kita ora kesusu. Begitu," katanya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya