Punya Lahan Dekat Proyek IKN, Adik Prabowo Enggan Jual ke Negara

Adik Prabowo punya lahan ratusan ribu hektare di Kaltim

Jakarta, IDN Times - Adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, saat ini memiliki ratusan ribu hektare lahan di Kalimantan Timur. Lahan tersebut dekat dengan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hashim memiliki lahan tersebut atas nama perusahaannya, Arsari Group. Di perusahaan ini, Hashim menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO).

"Lahan yang saya miliki saat ini 173 ribu hektare kurang lebih, berupa HPH (hak pengusahaan lahan) dan saya punya 447 hektare, berupa HGB (hak guna bangun), ini dari perusahaan namanya ITCI kartika utama, saya beli 2007 waktu itu HPH seluas 266 ribu hektare," ujar Hashim dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/2/2022).

Hashim mengaku, pada 2013, dia menyerahkan 93 ribu hektare lahannya kepada warga. Penyerahan lahan itu diberikan secara gratis tanpa ada kompensasi dengan izin hak penggunaan lahan dari kepala daerah.

Baca Juga: Hashim Djojohadikusumo Jawab Tudingan Dapat Proyek IKN di Kaltim

1. Hashim enggan jual lahannya ke negara

Punya Lahan Dekat Proyek IKN, Adik Prabowo Enggan Jual ke NegaraCEO Arsari Group, Hashim Djojohadikusumo (dok. Pribadi/Hashim Djojohadikusumo)

Hashim menegaskan ia tak akan menjual lahannya ke negara untuk proyek IKN. Menurut dia, sebanyak 93 ribu hektare yang sudah diberikan pada 2013 itu sudah lebih dari cukup.

"Saya tidak ada menjual atau memberikan ke pemerintah, saya sudah memberikan ke negara 93 ribu hektare delapan tahun lalu. Saya merasa tidak punya kewajiban untuk menyerahkan lagi, waktu itu memberikan tanpa ada kompensasi," kata dia.

Baca Juga: Disebut Dapat Proyek IKN untuk Biayai Prabowo Nyapres, Hashim: Fitnah!

2. Rencana proyek yang akan digarap Hashim di lahannya

Punya Lahan Dekat Proyek IKN, Adik Prabowo Enggan Jual ke NegaraCEO Arsari Group, Hashim Djojohadikusumo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hashim menyebutkan rencana proyek yang akan digarap perusahaannya pada lahan tersebut. Dia mengaku akan melestarikan 50 ribu hektare lahannya sebagai hutan alami.

"Perlu saya sampaikan, di hutan, saya lestarikan 50 ribu hektare terdapat 400-500 orang utan dewasa dan anak," kata dia.

Baca Juga: Adik Prabowo Bakal Bangun Konservasi Satwa Liar Dekat IKN Nusantara

3. Sebanyak 19 ribu hektare akan jadi tempat konservasi satwa liar

Punya Lahan Dekat Proyek IKN, Adik Prabowo Enggan Jual ke NegaraCEO Arsari Group, Hashim Djojohadikusumo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hashim menjelaskan, dari 50 ribu hektare lahan, 19 ribu hektare di antaranya akan dijadikan sebagai tempat konservasi satwa liar. Ada sejumlah satwa yang akan menghuni tempat tersebut.

"Termasuk untuk orang utan, untuk kera, atau monyet-monyet lainnya, termasuk untuk beruang madu, termasuk untuk rusa dan termasuk sejumlah badak yang terdapat di Kalimantan Timur," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya