Reaksi Menag Yaqut Usai Tahu Ada Perselisihan Warga Saat Natal

Ada tiga peristiwa perselihan saat perayaan Natal

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, mengaku prihatin dengan adanya perselisihan warga saat perayaan Natal 2021 di sejumlah daerah. Yaqut mengatakan ada tiga daerah yang diketahui terjadi perselisihan saat perayaan Natal.

"Saya sangat prihatin dan menyesalkan. Hal seperti itu tidak semestinya terjadi jika para pihak saling menghormati dan memahami, serta taat aturan," ujar Yaqut dalam keterangannya, Rabu (29/12/2021).

1. Daerah yang terjadi perselisihan saat perayaan Natal

Reaksi Menag Yaqut Usai Tahu Ada Perselisihan Warga Saat NatalMenteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam acara Launching Peringatan Hari Santri 2021 pada Selasa (21/9/2021). (youtube.com/Kemenag RI)

Perselisihan pertama terjadi di Tulang Bawang, Lampung. Saat itu, ada sekolompok oarang mendatangi gereja agar bisa melaksanakan ibadah Natal. Padahal, izin pembangunan gereja tersebut belum selesai.

Kemudian, ada umat Nasrani yang melakukan ibadah Natal berada di luar gereja. Sebab, gereja mereka disegel karena izinnya belum selesai. Peristiwa itu terjadi di Jambi.

Saat mereka sedang beribadah, terjadi hujan deras dan jemaat berteduh ke dalam gereja. Hal itu kemudian dipermasalahkan oleh warga sekitar.

Ketiga, terjadi di Lakarsantri, Surabaya. Warga menolak pembangunan gereja GKI Citraland.

Baca Juga: Edaran Baru Menag soal Perayaan Natal Usai PPKM Level 3 Batal

2. Ucapkan selamat Natal, Menag ajak umat Nasrani jaga persaudaraan

Reaksi Menag Yaqut Usai Tahu Ada Perselisihan Warga Saat NatalMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam Konferensi Pers Peresmian RSPJ Extensi Arafah Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Senin (19/7/2021). (youtube.com/Pertamedika Training)

Sebelumnya, Yaqut mengucapkan selamat Natal 2021. Dalam ucapannya, ia mengajak umat Nasrani untuk menjaga persaudaraan.

"Selamat Natal tahun 2021. Mari terus bergerak untuk memperkuat persaudaraan," ujar Yaqut dalam keterangannya, Jumat (24/12/2021).

3. Menag ajak rajut persaudaraan

Reaksi Menag Yaqut Usai Tahu Ada Perselisihan Warga Saat NatalMenag Yaqut Cholil Qoumas menghadiri Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-76 pada Selasa, (17/8/2021) (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Yaqut mengapresiasi tema Natal 2021 yakni "Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan". Menurutnya, persaudaraan dapat meningkatkan tali kekeluargaan antarsesama.

"Persaudaraan merupakan tema universal yang dapat merekatkan hati orang-orang beriman untuk menjaga kerukunan, kedamaian, dan kesejahteraan bagi masyarakat," ucapnya.

Dia mengajak masyarakat untuk bijak dalam menyikapi perbedaan. Sebab, Indonesia merupakan negara dengan masyarakat yang beragama.

"Selamat Natal tahun 2021 dan selamat menyongsong tahun baru 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi kita semua," katanya.

Baca Juga: 3 Pekerjaan Rumah Toleransi Beragama di Indonesia Versi Komnas HAM

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya