Refleksi 2022, PDIP Dorong Reformasi Hukum dan Pencegahan Korupsi

Kinerja aparat juga diharapkan ada peningkatan

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan menggelar acara refleksi 2022. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mendorong adanya reformasi hukum, pencegahan anti korupsi hingga peningkatan kinerja aparat.

Untuk institusi Polri, Hasto berharap ada evaluasi berkaitan dengan kasus Ferdy Sambo.

"Kita berharap dari lembaga peradilan yang merdeka dan independen, dari aparat penegak hukum kejaksaan, kepolisian, KPK dapat meningkatkan sinergitas dan memastikan budaya tertib hukum dan upaya penyalahgunaan kekuasaan yang itu diingatkan oleh Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri," kata Hasto.

"Beliau selalu mengingatkan kader-kader PDIP agar membangun kesadaran agar tidak melakukan korupsi," sambungnya.

Baca Juga: PDIP Mantap Nomor Urut 3, Hasto: Efisiensi Biaya Atribut Kampanye 

1. PDIP dukung pemerintah jadi juru damai dunia pada 2023

Refleksi 2022, PDIP Dorong Reformasi Hukum dan Pencegahan KorupsiSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, PDIP juga mengaku mendukung pemerintah menjadi juru damai dunia pada 2023. Sebab, Indonesia pada tahun tersebut menjadi Ketua ASEAN.

Hasto kemudian mendorong seluruh kementerian dan lembaga menyatukan kesamaan pandangan terhadap agenda prioritas, yang menjadi perhatian Indonesia di ASEAN.

"Berbagai resolusi damai untuk mengatasi perang Rusia-Ukraina, krisis di Myanmar, ketegangan di Selat Taiwan dan Laut Cina Selatan serta mengupayakan perdamaian atas ketegangan di Peninsula, Timur Tengah dan berbagai kawasan rawan konflik lainnya harus menjadi misi diplomasi Indonesia sekaligus memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia," kata Hasto.

Baca Juga: Megawati Umumkan Capres PDIP pada Tahun 2023!

2. Pemerintah didorong melakukan konsolidasi ekonomi pada 2023

Refleksi 2022, PDIP Dorong Reformasi Hukum dan Pencegahan KorupsiSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman)

Lebih lanjut, Hasto juga mendorong pemerintah melakukan konsolidasi perekonomian nasional. Sebab, pada 2023 ekonomi global diprediksi hitam.

"Berkaitan dengan hal tersebut, PDI Perjuangan mendorong Pemerintah terus melakukan konsolidasi perekonomian nasional, mendorong pergerakan ekonomi rakyat, dan memaksimalkan pembangunan infrastruktur di desa-desa dan membangun pusat-pusat perekonomian guna membangun daya tahan Indonesia khususnya memastikan jalan berdaulat di bidang pangan, dan mengatasi kemiskinan dengan berbagai program padat karya," ujar dia.

3. Pemerintah diminta tak lupa diri

Refleksi 2022, PDIP Dorong Reformasi Hukum dan Pencegahan KorupsiSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto meminta pemerintah tak lupa diri dengan capaian ekonomi yang tumbuh pada 2022. Oleh karena itu, PDIP meminta pemerintah terus membuat formulasi yang tepat agar ekonomi Indonesia tetap tumbuh di 2023.

"Berbagai indikator perekonomian menunjukkan bahwa kita harus melakukan berbagai langkah-langkah pencegahan. Sebagaimana tadi sikap DPP PDI Perjuangan agar kita mendorong pergerakan perekonomian rakyat. Memastikan kita bisa mencukupi kebutuhan pangan rakyat, mendorong infrastruktur yang terkait dengan peningkatan produktivitas rakyat di dalam pergerakan di sektor perekonomian bawah," imbuhnya.

Baca Juga: PDIP Dukung KPU Selenggarakan Pemilu Proporsional Tertutup

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya