Resmikan RS COVID Asrama Haji Pondok Gede, Jokowi: Besok Bisa Dipakai

Delapan gedung di Asrama Haji untuk rawat pasien COVID-19

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan RS darurat COVID-19 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Sebelum meresmikan, Jokowi terlebih dahulu masuk ke dalam rumah sakit bersama Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, untuk meninjau.

"Siang ini saya bersama-sama dengan Pak Menteri Agama melihat telah selesainya Wisma Haji yang akan kita konversi menjadi rumah sakit wisma haji bagi penanganan COVID-19," ujar Jokowi dalam siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (9/7/2021).

Jokowi mengatakan, RS Asrama Haji Pondok Gede ini bisa digunakan mulai Sabtu (10/7/2021) pagi.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Rumah Sakit Wisma Haji bisa dioperaskan besok pagi," ucapnya.

Baca Juga: Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi Mandiri, Sudah Terisi 1.003 Pasien 

1. Jokowi sebut kesiapan RS Asrama Haji sudah 99 persen

Resmikan RS COVID Asrama Haji Pondok Gede, Jokowi: Besok Bisa DipakaiPresiden Jokowi meresmikan pengoperasian Asrama Haji sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19 Asrama Haji pada Jumat (9/7/2021). (youtube.com/SekretariatPresiden)

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah bekerja menyulap Asrama Haji Pondok Gede menjadi rumah sakit. Dia mengatakan fasilitas yang ada sudah 99 persen bisa dipergunakan.

"Saya tadi sudah cek ke dalam, peralatan rumah sakit kemudian pergantian AC, kemudian pembangunan lift untuk para pasien. Saya lihat dalam keadaan 99 persen, sehingga besok pagi Rumah Sakit Wisma Haji ini sudah bisa dioperasionalkan," ujarnya.

2. Delapan gedung Asrama Haji Pondok Gede disulap jadi tempat rawat COVID-19

Resmikan RS COVID Asrama Haji Pondok Gede, Jokowi: Besok Bisa DipakaiPresiden Jokowi meresmikan pengoperasian Asrama Haji sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19 Asrama Haji pada Jumat (9/7/2021). (youtube.com/SekretariatPresiden)

Kemenag menyiapkan delapan gedung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai tempat perawatan pasien COVID-19. Sekjen Kemenag, Nizar Ali, mengatakan penyediaan asrama haji sebagai tempat itu sebagai bentuk bantuan penanganan COVID-19.

"Pemerintah akan memaksimalkan Asrama Haji Pondok Gede untuk ikut membantu penanganan pasien COVID-19. Ke depan, Asrama Haji Pondok Gede akan dioptimalkan sebagai tempat perawatan pasien COVID-19," ujar Nizar Ali, Senin (5/7/2021).

“Sebelumnya, satu gedung di Asrama Haji Pondok Gede juga sudah dimanfaatkan Rumah Sakit Haji untuk perawatan pasien COVID-19 dengan gejala sedang dan berat,” ucapnya.

Baca Juga: Dokter TNI-Polri Bakal Bertugas di RS COVID Asrama Haji Pondok Gede

3. Rincian gedung yang digunakan untuk pasien COVID-19

Resmikan RS COVID Asrama Haji Pondok Gede, Jokowi: Besok Bisa DipakaiSuasana Rumah Sakit Haji di Pondok Gede, Bekasi (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Nizar menerangkan ada enam gedung yang digunakan untuk merawat pasien COVID-19. Lima gedung masih kosong dan satu gedung yang sebelumnya sudah diisi pasien yakni Gedung Arafah.

Sementara, lima gedung yang masih kosong untuk merawat pasien COVID-19 itu yakni A, B, C, H, dan D5. Selain itu, ada dua gedung yakni D3 dan D4 yang akan digunakan sebagai akomodasi tenaga kesehatan.

“Kita juga siapkan dua gedung untuk akomodasi tenaga kesehatan. Jadi total ada delapan gedung yang akan digunakan di Asrama Haji Pondok Gede untuk penanganan COVID-19,” ucapnya.

Baca Juga: 8 Gedung Asrama Haji Pondok Gede Disulap Jadi Tempat Rawat COVID-19

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya