Respons Jokowi Saat Bertemu Relawan, Didukung Jadi Presiden 3 Periode

Jokowi bertemu relawan pendukungnya di Istana Bogor

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengundang sejumlah relawan pendukungnya di Istana Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (29/7/2022) lalu. Ketua Umum Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Rambun Tjajo mengatakan, ada sejumlah relawan yang hadir dalam pertemuan itu.

"Ada banyak ya yang hadir dalam pertemuan, ada Projo, ada Seknas, ada Pertiwi, banyak. Kalau lihat orang-orangnya, ada kira-kira 30 orang," ujar Rambun kepada IDN Times, Selasa (2/8/2022).

Rambun mengatakan, dalam pertemuan itu ada salah satu kelompok relawan yang menyampaikan dukungan kepada Jokowi untuk menjadi presiden tiga periode. Namun, Rambun enggan menjelaskan siapa relawan yang menyampaikan dukungan tersebut.

"Ada yang menyampaikan, tapi itu tidak dibahas dan saya rasa hanya sebagai menyampaikan aspirasi saja, cuma satu ya, yang lain-lain lebih banyak menyampaikan selain masalah yang dihadapi, kasih input ke Pak Jokowi, juga sampaikan undangan agar Pak Jokowi hadir di agenda yang sudah dibuat para relawan," ucap dia.

"Saya gak bisa menyampaikan itu (yang dukung Jokowi 3 periode), saya sendiri lupa, memang itu lebih sekadar celetukan saja," sambungnya.

Baca Juga: Setia, Seknas Komitmen Kawal Jokowi hingga Selesai Masa Jabatan

1. Jokowi tak menanggapi dukungan jadi presiden 3 periode

Respons Jokowi Saat Bertemu Relawan, Didukung Jadi Presiden 3 PeriodePresiden Joko "Jokowi" Widodo ketika menghadiri rakernas ke-5 relawan Pro Jokowi di Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu, 21 Mei 2022. (www.instagram.com/@dr_moeldoko)

Rambun menerangkan, ketika mendengar ada yang mengusulkan agar menjadi presiden tiga periode, Jokowi tidak menganggapnya. Jokowi pun hanya tersenyum.

"Pak Jokowi juga tidak menanggapi itu sama sekali, dia hanya tersenyum saja," kata dia.

Baca Juga: Seknas Jokowi: Apa yang Dikatakan Presiden 100 Persen Kami Jalankan

2. Jokowi tak melarang, hanya tersenyum

Respons Jokowi Saat Bertemu Relawan, Didukung Jadi Presiden 3 PeriodeIlustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Meski demikian, Jokowi tak mengeluarkan pernyataan larangan. Menurutnya, Jokowi hanya diam tak mengeluarkan tanggapan.

"Beliau tidak menanggapi apapun, kalau saya pribadi isu tersebut dianggap sudah selesai, dan Pak Jokowi sudah menyampaikan menghormati konstitusi dan konstitusi itu harus dipatuhi," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Rambun menegaskan, Seknas Jokowi juga tak mendukung adanya masa jabatan presiden tiga periode. Menurutnya, wacana tersebut tidak ada kepentingannya untuk bangsa.

3. Jokowi janji sampaikan ke relawan sosok yang akan didukung di Pilpres 2024

Respons Jokowi Saat Bertemu Relawan, Didukung Jadi Presiden 3 PeriodePresiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Jumat (23/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Lebih lanjut, Rambun mengatakan, dalam pertemuan itu juga turut dibahas terkait arah dukungan Jokowi di Pilpres 2024. Namun, Jokowi masih belum menyebutkan akan mendukung siapa di Pilpres 2024.

"Ya Pak Jokowi tidak mengindikasikan apapun, jadi dalam pembicaraan itu pun beliau bahkan tidak ada indikasi apapun yang dikatakan, jadi beliau mengatakan akan ada waktunya kita menentukan sikap kita terhadap para calon," kata dia.

Menurut Rambun, Jokowi berjanji menyampaikan kepada relawannya siapa sosok yang akan didukung. Rambun memperkirakan Jokowi akan menyampaikan dukungannya di awal 2023.

"Saya rasa akan muncul bersamaan dengan proses pendaftaran dan segala macam, pasti tahun depan, 2023, saya sendiri gak hapal tahapan pemilu, pilpres, mungkin kuartal pertama itu sudah mulai akan kelihatan dan mungkin pada saat itu Pak Jokowi akan menyampaikan posisinya," imbuh dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya