Ryano Satrya Panjaitan Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Umum KNPI

Terpilihnya Ryano diputuskan dalam Kongres XVI KNPI

Jakarta, IDN Times - Kongres XVI Komite Nasional Pemuda lndonesia (KNPI) di Jakarta pada 8-10 April 2022 telah selesai digelar. Salah satu agenda dalam kongres itu memilih Ketua Umum KNPI.

Dalam kongres ini, Muhammad Ryano Satrya Panjaitan terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum KNPI. Mulanya, ada tiga calon yang maju dalam kongres ini. Namun, dua orang calon mundur. Karena tak ada calon lain, formatur menetapkan Ryano sebagai ketua umum yang baru.

Baca Juga: 3 Nama Perebutkan Kursi Ketua Umum KNPI Jelang Kongres XVI

1. Ryano sebut KNPI kini sudah tak pecah lagi

Ryano Satrya Panjaitan Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Umum KNPIMuhammad Ryano Satrya Panjaitan terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum KNPI (IDN Times/Istimewa)

Dalam keterangannya, Ryano menyebut KNPI kini sudah tak pecah lagi. Sebab, kata dia, sebelum kongres ini, ada dualisme kepemimpinan di KNPI.

"Kongres digelar untuk memilih kepengurusan KNPI bersatu sebagai wadah berhimpunnya organisasi kepemudaan sudah saatnyakembali menempati rumah bersama demi persatuan pemuda Indonesia semakin kuat. Mari kita bergandengan tangan agar pemuda Indonesia menjadi kuat," ujar Ryano dalam keterangannya, Minggu (11/4/2022).

Ryano kemudian berjanji akan amanah menjalankan jabatan barunya. Dia mengatakan, KNPI akan berkontribusi terhadap bangsa dan negara.

"Pemuda adalah tulang punggung, penyambung lidah, dan juga sebagai penerus dan semangat generasi bangsa dan negara,” ucapnya.

Baca Juga: Gelar Pleno, DPP KNPI Tunjuk La Ode Umar Bonte Jadi Plt Ketua Umum

2. Usung visi Activistpreneur

Ryano Satrya Panjaitan Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Umum KNPICalon Ketua mum KNPI, Muhammad Ryano Satrya Panjaitan (baju putih, tengah) (IDN Times/Istimewa)

Sebalumnya, Ryano mengaku memiliki visi Visi Activistpreneur. Dia mendorong kepada aktivis muda untuk mampu mandiri dalam hal ekonomi.

"Saya ingin mendorong spirit pergerakan pemuda sebagai agen transformasi di era 4.0 menuju society 5.0. Gagasan ini diharapkan jadi diskursus publik sebagai gagasan orisinilnya mendorong transformasi politik kekuasaan menuju politik kesejahteraan dalam memajukan Indonesia menuju seabad Republik Indonesia di 2045," katanya.

3. Harap kongres bisa berjalan dengan damai

Ryano Satrya Panjaitan Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Umum KNPIMuhammad Ryano Satrya Panjaitan terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum KNPI (IDN Times/Istimewa)

Ryano sebelumnya juga berharap, kongres KNPI tahun ini bisa berjalan dengan damai. Dia juga meminta kepada semua elemen yang ada di KNPI untuk bersatu dan solid.

"Bismillah, saya siap untuk berkompetisi secara sehat, fair dan demokratis sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan secara organisasi oleh DPP KNPI," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya