Comscore Tracker

Saat Reses, Anggota DPR Temukan Banyak BUMN yang Rugi

Anggota DPR meminta direksi perusahaan BUMN serius bekerja

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi VI DPR RI, Rudi Hartono Bangun mengatakan, pihaknya menemukan sejumlah perusahaan BUMN yang terus mengalami kerugian. Rudi menjelaskan, temuan itu diketahui saat masa reses dan bertemu dengan sejumlah perusahaan BUMN.

Rudi menjelaskan, pertemuan itu dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dengan jajaran Eselon I Kementerian BUMN, Direksi PT Pupuk Indonesia (Persero), perwakilan Direksi PT Pupuk Iskandar Muda, Direksi PT PTPN III (Persero) (Holding), Direksi PT PTPN I, Direksi PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, Direksi PT Hutama Karya (Persero), Direksi PT Adhi Karya (Persero), Direksi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, di Banda Aceh.

Salah satu perusahaan yang mengalami kerugian yakni PTPN I. Padahal, PTPN I ini mengelola lahan kelapa sawit seluas 23 ribu hektare.

"Bagaimana manajemen mereka (PTPN I) ini, saya lihat dan saya duga ada ketidakberesan dengan manajemen mereka, baik di tingkat direksi ataupun administrasinya, karena pembandingnya adalah swasta. Yang swasta saja punya lahan, misalnya 10 hektare sampai 100 hektare, mereka untung, kenapa mereka (PTPN I) dengan luas lahan 23.000 hektar kok rugi? Nah itu yang kita sorotin dan kita minta jawaban dari mereka,” ujar Rudi dalam keterangannya, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Jokowi Terbitkan PP 23, Direksi Wajib Tanggung Jawab Bila BUMN Rugi

1. Rudi Hartono heran PT Adhi Karya tak bisa raup keuntungan ratusan miliar

Saat Reses, Anggota DPR Temukan Banyak BUMN yang RugiAnggota DPR RI Fraksi NasDem, Rudi Hartono Bangun (dok. Pribadi)

Dalam kesempatan itu, Rudi juga menyoroti keuntungan PT Adhi Karya yang hanya puluhan miliar. Padahal, kata dia, perusahaan BUMN lainnya pada 2021 melaporkan mendapat keuntungan ratusan miliar.

Dia kemudian mempertanyakan keuntungan anak perusahaan yang Adhi Karya miliki.

"Ini yang kita pertanyakan juga dengan manajemen atau direksinya, bagaimana mereka mempola atau mengaturnya itu," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Minta Direksi BUMN Tanggung Jawab bila Rugi, Anggota DPR Dukung

2. Negara bisa kolaps bila terus tanggung kerugian BUMN

Saat Reses, Anggota DPR Temukan Banyak BUMN yang RugiAnggota Komisi VI DPR Fraksi NasDem, Rudi Hartono Bangun (dok. Pribadi)

Lebih lanjut, Rudi Hartono mengatakan, negara bisa kolaps apabila terus menanggung kerugian BUMN. Oleh karena itu, dia meminta direksi perusahaan BUMN untuk serius bekerja.

"Jadi, kalau BUMN merugi, negara ini pakai apa nanti ya bayar utangnya? (Negara) bisa kolaps,” kata dia.

3. Harga pupuk yang diproduksi oleh BUMN diharapkan bisa murah

Saat Reses, Anggota DPR Temukan Banyak BUMN yang RugiAnggota komisi VI dari fraksi Partai NasDem, Rudi Hartono Bangun (www.dpr.go.id)

Rudi kemudian meminta kepada BUMN yang memproduksi pupuk agar harganya bisa murah. Hal itu agar masyarakat mampu membelinya.

"Jadi kita minta ke Pupuk Indonesia, agar bisa pupuk subsidi juga yang terjangkau dan stoknya ada. sekarang ini masalah mereka kesulitan dengan harga mahal dan stoknya tidak ada,” imbuhnya.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya