Comscore Tracker

Saat Siswa SD Bertanya: Jadi Presiden Ngapain Aja? Ini Jawab Jokowi

Murid-murid SD curhat ke Jokowi ingin sekolah tatap muka

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara puncak peringatan Hari Anak Nasional secara virtual. Sejumlah siswa mengikuti acara tersebut yang disiarkan di YouTube Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Dalam acara itu, Jokowi menyemangati anak-anak untuk tetap semangat belajar. Namun, ada salah seorang siswa yang bertanya mengenai kegiatan Jokowi sebagai presiden.

"Kalau jadi presiden ngapain aja?" tanya salah seorang siswa kepada Jokowi.

Mendengar pertanyaan itu, Jokowi tertawa. "Ha-ha-ha," respons Jokowi.

Pertanyaan itu kemudian direspons oleh siswa lainnya. "Iya pak, ngapain aja, pak?" saut siswa lainnya.

1. Penjelasan Jokowi soal kegiatannya jadi presiden

Saat Siswa SD Bertanya: Jadi Presiden Ngapain Aja? Ini Jawab JokowiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jokowi kemudian menjelaskan kegiatannya selama menjadi presiden. Menurutnya, ada sejumlah kegiatan yang biasa dijalani.

"Ya memimpin rapat dengan menteri-menteri, kemudian pergi ke Aceh sampai ke Papua untuk ngecek itu, ngecek jalan bagus gak, ngecek waduk-waduk, ngecek airport, gitu, ha-ha-ha," kata Jokowi.

Baca Juga: Hari Anak Nasional: Lebih Dari 350 Ribu Anak Terpapar COVID-19

2. Ada siswa yang minta sekolah tatap muka

Saat Siswa SD Bertanya: Jadi Presiden Ngapain Aja? Ini Jawab JokowiPresiden Jokowi mengadakan acara melalui Zoom bersama siswa SD (youtube.com/kemenPPPA)

Jokowi kemudian mengingatkan kepada anak-anak yang mengikuti acara mengenai pandemik COVID-19. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, pandemik COVID-19 di Indonesia terjadi sejak Maret 2020.

"Selama pandemi saya juga tahu anak menjadi sering di rumah, tidak pergi ke sekolah, tidak bepergian, benar?" tanya Jokowi.

"Benar," seru siswa.

Jokowi kemudian meminta para siswa untuk tetap semangat belajar di rumah. Jokowi menyadari kerinduan anak-anak untuk bertemu dengan teman, sanak keluarga di masa pandemik.

"Anak-anak rindu juga ya ketemu dengan teman-temannya, ketemu dengan kakeknya, neneknya, pamannya, bibinya," kata Jokowi.

Salah satu siswa perempuan kemudian menyampaikan keinginannya untuk sekolah tatap muka. Dia mengaku bosan di rumah.

"Pak, saya ingin (sekolah) tatap muka, sudah kelamaan di rumah bingung," kata siswa itu.

Jokowi kemudian menjelaskan, pemerintah sebelumnya sudah memiliki rencana pada Juli 2021 akan menggelar sekolah tatap muka. Namun, karena kasus corona masih tinggi, rencana itu batal dilakukan.

"Ya Pak, iya," kata siswa lainnya saling bersautan.

 

3. Jokowi minta anak-anak disiplin prokes

Saat Siswa SD Bertanya: Jadi Presiden Ngapain Aja? Ini Jawab Jokowi(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Lebih lanjut, Jokowi meminta kepada para siswa untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Jokowi kembali mengingatkan kepada anak-anak untuk tetap di rumah selama masa pandemik.

"Anak-anakku semua adalah masa depan Indonesia. Harus tetap semangat belajar dan teruslah bergembira, rajin beribadah jangan lupa juga berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon perlindungan bagi kita semua, bagi bangsa Indonesia. Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak-anakku di Indonesia, anak-anak terlindungi, Indonesia maju," kata Jokowi.

Baca Juga: Perintah Jokowi, Testing-Tracing Ditingkatkan di Daerah Padat Penduduk

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya