Sah! Jokowi Lantik Azwar Anas Jadi Menpan-RB Gantikan Tjahjo Kumolo

Azwar Anas mengucapkan sumpah jabatan di Istana Merdeka

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Azwar dilantik menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Pelantikan itu digelar hari ini, Rabu (7/9/2022) di Istana Merdeka, Jakarta. Pelantikan Menteri Kabinet Maju hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 91/P Tahun 2022, tentang pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju, periode tahun 2019-2024.

Dengan mengenakan setelan jas berwarna biru dongker, dasi merah, peci hitam, dan masker, Jokowi memimpin jalannya acara pelantikan. Dia meminta Azwar untuk mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapannya.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya, akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Azwar mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.

Setelah pelantikan, lagu kebangsaan Indonesia raya dikumandangkan. Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju hadir dalam pelantikan tersebut.

Baca Juga: Profil Azwar Anas yang Akan Dilantik Jokowi Jadi Menpan-RB Hari Ini

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya