Salat Id di Rumah Dinas, Mahfud MD Tunda Sungkeman ke Ibu

Mahfud berharap pandemik COVID-19 segera berakhir

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD melaksanakan salat Idul Adha di rumah dinasnya. Suasana salat Id itu diunggah Mahfud melalui akun Instagram pribadinya.

"Pagi ini di rumah Dinas kami melaksanakan Sholat Idul Adha secara terbatas bersama keluarga dan beberapa staf serta dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat," tulis Mahfud seperti dilihat IDN Times, Selasa (20/7/2021).

Bertindak sebagai khotib dalam salat Id yakni pengawal pribadi Mahfud, Ali Sirken Fakoubun. Dia merupakan seorang anggota TNI dari Indonesia timur.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Gelar Salat Idul Adha di Rumah Dinas Wapres

1. Mahfud tunda sungkeman dengan Ibu

Salat Id di Rumah Dinas, Mahfud MD Tunda Sungkeman ke IbuIDN Times/Galih Persiana

Mahfud mengaku harus kembali menunda berlebaran dengan Ibunda tercinta di Pamekasan, Madura. Hal itu karena saat ini masih pandemi COVID-19.

"Dalam suasana pandemi COVID-19, kita harus kembali menunda sungkem ke ibu dan merayakan Lebaran bersama keluarga seperti dalam kondisi normal," katanya.

Mahfud berharap pandemik segera berakhir. Dia mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan Allah selalu melindungi dan memberi kesehatan bagi kita semua," ucapnya.

2. Wapres Ma'ruf Amin gelar salat Idul Adha di Rumah Dinas

Salat Id di Rumah Dinas, Mahfud MD Tunda Sungkeman ke IbuWapres Ma'ruf Amin salat Idul Adha di rumah dinas (dok. Setwapres)

Sebelumnya, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin bersama Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin melaksanakan salat Idul Adha di rumah dinasnya Jl. Diponegoro No. 2 Jakarta Pusat. Salat Idul Adha di kediaman dinas Wapres ini digelar secara terbatas.

Jemaah yang hadir yakni perangkat Paspampres. Pelaksanaan salat Idul Adha digelar dengan menggunakan protokol kesehatan ketat. Para jemaah yang hadir juga terlihat mengenakan masker. Selain itu, jarak antar jemaah juga diberi jeda.

Direktur Utama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Majelis Ulama Indonesia, Aminudin Yakub menjadi khatib salat Idul Adha di kediaman dinas Wapres. Suasana khidmat terasa saat para jemaah melantunkan takbir.

Baca Juga: Lucu, Mahfud MD Nonton Ikatan Cinta di Tengah Pandemik COVID

3. Idul Adha, Wapres Ma'ruf Kurban Apa Tahun Ini?

Salat Id di Rumah Dinas, Mahfud MD Tunda Sungkeman ke IbuIDN Times/Galih Persiana

Umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha hari ini, Selasa (20/7/2021). Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun menyumbangkan seekor sapi berjenis Limousin Cross untuk dikurbankan.

"Telah diserahkan kepada panitia kurban Masjid Istiqlal pada Senin pagi," kata Ma'ruf dalam keterangannya, Senin (19/7/2021).

Ma'ruf menjelaskan, melaksanakan kurban di Hari Raya Idul Adha merupakan ibadah sunnah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berkurban hewan ternak, lanjutnya, memiliki nilai sosial untuk membantu menggembirakan masyarakat kurang mampu.

"Esensi dari semangat kurban sebenarnya bukan hanya sekedar berkurban kambing atau sapi, akan tetapi semangat untuk membantu sesama terutama bagi mereka yang membutuhkan," ujar Ma'ruf.

Wapres mengatakan, bentuk kurban bisa berupa apa saja sesuai kebutuhan masyarakat dan kemampuan yang dimiliki. Untuk itu, menurutnya, semangat berkurban juga tidak hanya harus dilakukan saat Idul Adha, tetapi diterapkan kapan dan di mana saja.

"Idul Adha hakikatnya adalah momen untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya melakukan kurban untuk membantu sesama," lanjutnya.

Baca Juga: Niat Salat Id, Tata Cara dan yang Disunnahkan Sebelum Salat Idul Fitri

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya